Kalimantan Post - Aspirasi Nusantara
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
HEADLINE

Polres Kotabaru Gelar Apel Pasukan Operasi Zebra

×

Polres Kotabaru Gelar Apel Pasukan Operasi Zebra

Sebarkan artikel ini
Hal 16 K Baru 3 klm 7
KP/Ist

Kotabaru, Kalimantanpost.com – Polres Kotabaru menggelar Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Intan 2024 di Lapangan Apel Mapolres Kotabaru, Jl. P. Diponegoro No. 01, Desa Baharu Utara, Kecamatan Pulau Laut Sigam, dipimpin langsung oleh Kapolres Kotabaru, AKBP Doli M. Tanjung, S.I.K., menandai dimulainya operasi yang akan berlangsung dari tanggal 14 hingga 27 Oktober 2024, dihadiri sejumlah tokoh dan perwakilan instansi terkait, seperti TNI, Kodim dan Lanal Kotabaru, pemerintah daerah, dinas perhubungan Kotabaru Satpol PP dan penegak hukum setempat.

Operasi Zebra Intan 2024 dilaksanakan serentak di seluruh jajaran Polda se-Indonesia. Tujuan utama operasi ini adalah meningkatkan kedisiplinan berlalu lintas dan menekan angka kecelakaan, terutama menjelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih. Kapolres menegaskan bahwa seluruh personel harus mengedepankan tindakan simpatik dan humanis, dengan fokus pada langkah preventif dan preemtif, serta menghindari tindakan yang dapat memicu ketidaknyamanan masyarakat.

Iklan

Beberapa pelanggaran prioritas yang menjadi sasaran dalam operasi ini meliputi penggunaan ponsel saat berkendara, pengemudi di bawah umur, tidak menggunakan helm atau sabuk pengaman, melawan arus, berkendara di bawah pengaruh alkohol, dan melebihi batas kecepatan. Penegakan hukum akan memanfaatkan sistem ETLE (Electronic Traffic Law Enforcement) untuk memastikan proses berjalan efektif tanpa gangguan.

Apel ini diikuti oleh beberapa satuan, di antaranya Kodim 1004, Lanal Kotabaru, Satpol PP, Dinas Perhubungan, dan berbagai unit di lingkungan Polres Kotabaru. Dengan kolaborasi seluruh pihak, diharapkan operasi ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat dan mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcarlantas) di wilayah Kotabaru.

Operasi Zebra Intan 2024 akan berlangsung hingga 27 Oktober 2024, dengan harapan dapat mengurangi pelanggaran dan fatalitas kecelakaan lalu lintas serta menjaga situasi kondusif di wilayah Kabupaten Kotabaru. (and/K-6)

Iklan
Baca Juga :  DPRD Kalsel Hadiri Pengucapan Sumpah Janji 30 Anggota DPRD Banjarbaru 2024–2029
Space Iklan
Iklan
Ucapan