Bersihkan Sungai, Pemkab HSS Gelar Aksi Susur Sungai

Loksado, KP – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS), melalui Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (Dispera KPLH) menggelar aksi bersama susur sungai, dengan kegiatan bersih-bersih sungai dan penanaman pohon, Rabu (20/11/2019) di Kecamatan Loksado.

Sampah plastik yang terkumpul, akan ditimbang dan dibeli oleh Bank Sampah Kabupaten HSS, yang hasil uangnya akan diserahkan kepada anak yatim.

Aksi tersebut diawali dengan berkumpul dan menanam pohon di sekitar Amandit Loksado Lestari (All Outbound Camp), kemudian dilakukan susur sungai pembersihan sampah-sampah plastik. 

Pohon yang ditanam pada kegiatan tersebut sekitar 200 bibit, yang terdiri bibit pohon trembesi, pohon ketapang kencana, serta bambu Jakarta yang berguna menahan erosi pada pinggiran sungai.

Penanaman dilakukan bertujuan, agar semakin dapat menghijaukan objek wisata, yang ada di Loksado.

Kepala Bidang Lingkungan Hidup Dispera KPLH HSS Irpani menyampaikan, tujuan dilaksanakan kegiatan tersebut dalam rangka mendukung festival Loksado, yang akan digelar beberapa waktu mendatang.

Serta tambahnya, berkenaan dalam rangka gerakan kebersihan, khususnya di objek wisata, juga untuk juga mengedukasi masyarakat, agar tidak membuang sampah ke sungai.

Berita Lainnya
1 dari 1.204
Loading...

Atas nama Kepala Dispera KPLH HSS, Irpani mengucapkan terimakasih dan penghargaan setinggi-tingginya atas partisipasi serta dukungan dalam aksi bersama tersebut.

“Apa yang kita lakukan hari ini, dapat memberikan manfaat bagi masyarakat, dan juga kepada pemerintah daerah,” ucapnya.

Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) HSS M Arlian Syahrial mengatakan, penanaman pohon dan susur sungai hari ini adalah bisa dijadikan salah satu event pariwisata.

Walaupun yang melaksanakan bukan Disporapar terangnya, tetapi hal itu sudah membuat satu kegiatan yang terintegrasi dengan kegiatan pariwisata, yaitu mengumpulkan orang untuk bisa diinformasikan.

“Dan menjadi daya tarik kunjungan orang ke tempat kita, untuk melihat latar belakang destinasi yang baik nantinya, yang kita lewati dari kegiatan susur sungai ini,” tuturnya.

Disampaikan Arlian, persiapan festival Loksado sudah berjalan dengan baik, yang rencananya dilaksanakan pada 22 hingga 24 November nantinya.

“Hal itu sudah masuk dalam rangkaian acara, yang ada dalam rangkaian menyambut hari jadi Kabupaten HSS ke 69,” pungkasnya. (tor/K-6)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya