Wabup Buka Musker MUI Se- Katingan

Wakil Bupati Katingan, Sunardi NT.Litang membuka kegiatan Dialog Kebangsaan dan Musyawarah Kerja (Musker) MUI Katingan.

Kasongan, KP – Wakil Bupati Katingan, Sunardi NT.Litang membuka secara resmi kegiatan musyawarah kerja (Musker) Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Katingan dirangkai dengan dialog kebangsaan, Kamis (28/11) diaula Bapellitbang Kasongan.

Dikatakan oleh Wabup, MUI sebagai mitra pemerintah daerah dalam membina umat khususnya umat islam, dimana fatwa MUI yang dikeluarkan membutuhkan sikap kehati -hatian sehingga patwa itu dapat dijalankan dan ditaati.

Diakui Wabup, bahwa kepengurusan MUI juga banyak melakukan pembinaan umat di Katingan.” Saya berharap kita dapat mengikuti kegiatan Musker MUI ini dengan serius dan sebaik baiknya,” ucap Wabup.

Dimana kedepan Musker MUI ini diharapkan nantinya akan menghasilkan program kerja kedepan dalam menjalankan tugas melanyani membimbing umat kearah yang lebih baik.

” semoga kegiatan ini mendapat respon positif dalam membangun Katingan Bermartabat,” timpalnya.

Ia juga menambahkan, momen ini sebagai ajang silaturahmi, dan dialog sangat penting agar perbedaan pendapat dan penapsiran atas patwa MUI yang dikeluarkan selama ini dapat diluruskan.

Wakil ketua MUI Kalteng, Samsuri Yusuf mengatakan, bahwa MUI Kalteng mengapresiasi apa yang dilakulkan MUI Katingan ini, Dimana MUI juga mengambil peran dari para ambiya yakni para nabi. Selama ini MUI juga melakukan pembimbingan terhadap umat, pelindung umat, namun tetap melindungi hukum positif sesuai perundang undangan yakni No.33 terkait jaminan halal produk makanan serta mengeluarkan sertifikasi halal.

” MUI juga memiliki peran penting dalam membangun daerah” ungkapnya.

Pada kesempatan itu Ketua MUI Katingan H.Mahjumi, mengatakan peserta kegiatan berjumlah 125 orang dan pengurus MUI berjumlah 93 orang.

Sementara Kegiatan MUI Katingan selama ini diantaranya patihan Iman, khotib, pardu kipayah (Mandikan Zenajah) dan tata cara pemotongan hewan qurban. (Isn/K-8)

Loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

loading...