Bupati Inginkan Setiap Desa Di Tapin Ada Inovasi

Rantau, KP – Bupati Tapin Drs. HM. Arifin Arpan, MM berharap setiap desa di kabupaten Tapin ada inovasi, apalagi desa saat ini punya anggaran tersendiri sehingga masyarakatnya lebih maju dan sejahtera.

“’Dengan adanya dana desa saya yakin desa semakin mampu berinovasi sehingga lebih mudah lagi untuk mengembangkan potensi yang ada di desa,” ungkap bupati Tapin HM. Arifin Arpan beberapa saat lalu di Rantau.

Menurut bupati Tapin, apabila merujuk dari beberapa aturan yang ada yaitu dari UU Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa, Keputusan Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi No. 83 Tahun 2017 Tentang Penetapan Pedoman Umum Program Inovasi Desa, Surat Dirjen PMD Nomor.062/DPPMD/IX/2017 Tanggal 12 September 2017 Perihal Pelaksanaan Program Inovasi Desa Tahun Anggaran 2017, Petunjuk Teknis Operasional Pengelolaan Pentahuan Dan Inovasi Desa Program Inovasi desa, Dan Petunjuk Teknis Operasional Penyedia Jasa Layanan Teknis Program Inovasi Desa.

Berita Lainnya

Lensa Foto Tapin

Kantor Unit Layanan Paspor Resmi Dibuka di Tapin

1 dari 1.127
Loading...

“Bahwa UU No. 6 Tahun 2014 Tentang desa memberikan kewenangan kepada Desa antara lain, kewenangan berdasarkan hak asal usul dan kewenangan lokal skala desa pemerintah berupaya meningkatkan kafasitas keuangan desa ,” ungkap bupati Tapin.

Dikatakanya pula oleh bupati Tapin bahwa kemampuan desa di daerah ini sangat banyak punya potensi untuk itu, maka untuk itu ia juga mengharapkan potensi yang ada di desa terus diupayakan dan dikembangkan sehingga lebih berdaya guna dan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya.

“Coba kita lihat ada beberapa desa yang sudah mampu mengembangkan potensinya sehingga desa ini mampu berinovasi dengan sendirinya misalnya ada desa yang sudah mampu mengembangkan ikan gabus atau Haruan,dan ada pula yang mengembangkan tanaman bawang merah serta cabe,” jelas bupati Tapin.

Dalam kesempatan itu juga bupati Tapin memerintahkan kepada Kepala Dinas Perindustrian dalam satu bulan kedepan agar mampu menempatkan produk lokal daerah ini di mart-mart yang ada di daerah ini seperti bubuk cabe yang sudah ada di kembangkan di desa Hiyung,” harap bupati Tapin.

Dalam kesempatan itu pula bupati berharap dalam beberapa saat ini kepala Dinas pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan desa daerah ini bisa mencari lokasi desa yang sudah mampu dan berkembang khususnya mengembangkan potensi desa untuk dapat dikunjungi untuk belajar. (ari/K-6)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya