Kalteng, Hijaukan Perkotaan

Palangka Raya,KP.- Dampak perubahan iklim dan pemanasan global yang dirasakan , dimana musim kemarau semakin panjang, sementara musim penghujan cukup pendek sehingga mengakibatkan peningkatan suhu permukaan bumi yang semakin tahun semakin meningkat naik dua derajat setiap tahunnya (Data BMKG).

Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah sebagai komponnen Bangsa yang peduli dengan kondisi tersebut berkomitmen melakukan upaya untuk dapat mengatasinya, diantaranya dengan merehabilitasi Hutan dan Lahan, sebagai salah satu Visi yang akan dilaksanakan untuk tercapainya Kalimantan Tengah menjadi Provinsi yang BERKAH.

Hal tersebut dikatakan Staf Ahli Bidang Pemerintahan , Hukum dan Politik, Dr. Endang Kusriatun saat membacakan sambuta Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran di acara Launching Program “Bangun Hutan Rakyat, Sejahterakan Rakyat” dan Program “Menanam Bersama Buatlah Bumi Tambun Bungai Tersenyum” di lokasi area Taman Isen Mulang, Jalan Tjilik Riwut km 5 Palangka Raya. Kamis (5/12).

“Provinsi Kalimantan Tengah melalui Dinas Kehutanan Provinsi KalTeng, memanfaatkan lahan sebagai hutan rakyat, dimana isu global tentang Lingkungan akhir-akhir ini telah menjadi perhatian dunia,” katannya.

Berita Lainnya
1 dari 533
Loading...

Bangun Hutan Rakyat, Sejahterakan Rakyat adalah sebuah program pengelolaan lahan milik masyarakat atau kelompok tani yang berada diluar kawasan hutan yang selama ini dalam kondisi terbuka tidak dikelola dan menimbulkan kerawanan kebakaran hutan dan lahan.

“Pohon tanaman yang akan di tanam, berbagai tanaman buah-buahan yang terdiri dari tanaman hutan, buah-buahan dan juga tanaman semusim yang hasilnya dapat dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai sumber penghasilan tambahan yang diharapkan dapat membantu perekonomian masyarakat serta untuk menjagakestabilan lahan agar tetap hijau dan berseri,” ucapnya.

Kepala Dinas Kehutanan Ir. Sri Suwanto,MS , pemanasan global sehingga menurunnya kualitas udara yang bersih akibat tingginya polusi sebagai dampak dari kebakaran hutan dan lahan, serta berkurangnya luasan kawasan hutan di perkotaan seiring dengan pembangunan dan perkembangan perkotaan.

“Kita akan lakukan Rehabilitasi Hutan dan lahan, dengan melakukan penanaman pohon-pohon untuk penghijauan,”katannya.

Dalam acara tersebut menghibahkan bibit tanaman kepada kelompok masyarakat yang terdiri dari Bibit Sengon 20.000 batang, Bibit Mangga dan rambutan sebanyak 4.500 batang dan kegiatan tersebut dilaksanakan setiap hari Jum’at dilingkungan kantor Kecamatan, kantor Kelurahan, Sekolah-sekolah mulai dari SD,SMP dan SMA maupun ditempat Ibadah. (yld/k-8)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya