Masyarakat di HSS Bisa Membikin Akta Secara Online

Kandangan, KP – Masyarakat di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), kini bisa membikin akta kelahiran di manapun dan kapanpun secara online, tanpa harus datang ke Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) setempat. Pasalnya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) HSS melalui Disdukcapil telah membuka layanan pembuatan akta kelahiran online, melalui portal web https://layananonline.dukcapil.kemendagri.go.id.

Kepala Bidang Pelayanan Catatan Sipil, Disdukcapil HSS Ahmad Hudaibi mengatakan, pelayanan tersebut dimaksudkan untuk mempermudah masyarakat, dalam hal tertib administrasi kependudukan.?

Melalui pelayanan yang disediakan Kemendagri tersebut, diharapkan bisa dimanfaatkan masyarakat untuk membuat akta kelahiran secara online, yang bisa dibuat dimanapun dan kapanpun.

Berita Lainnya

Bupati HSS Siap Dukung dan Fasilitasi Kegiatan PCNU

Bupati Pimpin Rakor Lingkup Setda Kabupaten HSS

1 dari 1.198
Loading...

Prosesnya dijelaskannya, masyarakat harus membuat akun dengan mendaftakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan nomor ponselnya.

Setelah memiliki akun, pendaftar diminta mengisi identitas dan mengunggah berkas-berkas seperti surat keterangan kelahiran, kartu keluarga, KTP orang tua beserta kutipan akta nikah. 

Setelah permohonan pembuatan akta diterima dan disetujui, selanjutnya akan diberikan pemberitahun melalui nomor ponsel dan email yang didaftarkan tersebut.

Jika sudah selesai, akta kelahiran bisa dicetak sendiri dari akses yang didapat, dari pemberitahuan tersebut. Ataupun bisa datang ke Kantor Disdukcapil dengan membawa salinan yang telah dicetak tersebut, jika ingin akta berbentuk aslinya, (tor/K-6)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya