Pemko Kembalikan Pasar Terapung Kuin Allalak

Banjarmasin, KP – Pemerintah Kota Banjarmasin melalui Kecamatan Banjarmasin Utara akan mengembalikan Pasar Terapung Muara Kuin dan Allak,tetapi kembalinya pasar terapung tersebut di depan Makan Sultan Suriansyah, Kecamatan Banjarmasin Utara.

Camat Banjarmasin Utara Drs H Appiludin mengatakan, pihaknya sudah mendata para pedagang pasar terapung yang biasa berjualan, untuk mengisi pasar terapung yang ada di wilayah Kecamatan Banjarmasin Utara.

“Sampai saat ini sudah ada sekitar 75 pedagang yang terdata,” ujar Appiludin, Kamis (09/01/2019) kepada wartawan.

Ia menjelaskan pedagang pasar terapung akan terus bertambah, mengingat pedagang dari Kuin Cerucuk dan Berangas, juga Allalak akan turut serta dalam mengisi pasar tradisional khas Banjar itu.

“Pasar Terapung didaerah itu seperti mati suri,yang mana hampir 400 tahun, oleh karena itu kita mengupayakan untuk menghidupkan kembali,” bebernya.

Berita Lainnya
1 dari 1.783
Loading...

Pedagang dan instansi terkait akan kita kumpulkan, termasuk pokdarwis, lurah, dinas terkait, agar melakukan persiapan dan diberikan arahan untuk pra launching.

“Insyaallah, Sabtu atau Minggu kita sudah lakukan pra launching,” ujarnya.

Selain itu, untuk semua harga dagangan yang dijual akan selalu dipantau agar tetap dalam katagori murah dan para pengunjung semakin berdatangan untuk menikmati destinasi wisata pasar terapung.

“Kalau pasar terapung ini sudah berjalan, masyarakat bisa menikmati dua destinasi wisata sekaligus yaitu wisata pasar terapung dan wisata religi Makam Sultan Suriansyah,” paparnya.

Terhadap respon pemerintah yang selalu membantu dan membimbing agar destinasi wisata ini dapat dihidupkan kembali.

“Nanti juga akan diadakan festival tanggui dan susur sungai untuk menambah minat pengunjung,” pungkasnya. (vin/K-5)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya