Balangan Tercepat Salurkan Dana Desa TA 2020

FOTO BERSAMA. (KP/Ist)

Paringin, KP – Pemerintah daerah kabupaten Balangan termasuk salah satu dari tiga pemerintah daerah di Kalsel yang tercepat dalam memfasilitasi penyaluran Dana Desa Tahap I TA 2020. Hal ini disampaikan dalam kegiatan yang digelar Kanwil Ditjen Perbendaharaan (DJPBN) Kementerian Keuangan Provinsi Kalimantan Selatan menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) Kebijakan Akuntansi Pemda dan Penyaluran DAK Fisik dan Dana Desa TA 2020 bertempat di Aula Kanwil DJPN Banjarmasin, Rabu (19/02) kemarin.

Atas keberhasil tersebut Pemkab Balangan bersama Pemkab Tanah Bumbu, dan Hulu Sungai Utara mendapatkan piagam penghargaan yang diserahkan Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan (DJPBN) Kementerian Keuangan Provinsi Kalsel Usdek Rahyono dan untuk Balangan diterimakan oleh Kepala DPMD Urai Nur Iskandar.

Sementara, dalam kegiatan tersebut, Para peserta merupakan pejabat pada Badan Keuangan Daerah dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten/Kota Se-Kalimantan Selatan.

Salah satu narasumber yakni Ferry Taufik Saleh, SST.Ak., M.AcctgFin selaku Kepala Seksi Dukungan Implementasi Standar Akuntansi Lingkungan Pemerintah Daerah, Direktorat Akuntansi dan Pelaporan Keuangan, Ditjen Perbendaharaan Kementerian Keuangan.

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Kementerian Keuangan Provinsi Kalimantan Selatan Usdek Rahyono.

Dalam sambutannya, Usdek memberikan apresiasi kepada Pemerintah Daerah yang telah memfasilitasi percepatan penyaluran Dana Desa TA 2020.

Berita Lainnya
1 dari 1.235
Loading...

“Apresiasi kami sampaikan kepada Pemda yang telah menyalurkan Dana Desa Tahap I TA 2020. Dengan pola penyaluran yang berbeda dengan tahun sebelumnya, yaitu sekarang langsung dari pusat ditransfer ke Rekening Kas Desa (RKD). Serta penyaluran tidak perlu menunggu harus terkumpul seluruh desa. Artinya, desa yang siap bisa langsung disalurkan,” ujarnya.

Dengan sistem seperti itu, lanjutnya, tentu akan berdampak pada percepatan dana desa diterima Pemerintah Desa sehingga dana desa dapat segera digunakan sebagaimana yang telah direncanakan di dalam APBDes.

Pada kesempatan itu, Usdek juga menyerahkan piagam penghargaan kepada 3 (tiga) Pemerintah Daerah yang mampu cepat dalam memfasilitasi penyaluran Dana Desa Tahap I TA 2020, yaitu Pemda Balangan, Tanah Bumbu, dan Hulu Sungai Utara.

Khusus capaian Pemda Balangan bisa dikatakan menarik. Sebab berdasarkan pemaparan narasumber, Pemda Balangan bukan hanya tercepat untuk Tahap I TA 2020, namun sebelumnya pun yaitu Tahap I, II dan III TA. 2019, Pemda Balangan memang yang tercepat di tingkat provinsi bahkan tingkat nasional.

Sementara, Kepala DPMD Balangan Urai Nur Iskandar, mengungkapkan bahwa kiat-kiat Balangan dalam mencapai target penyaluran dana desa tepat waktu bahkan tercepat Pemkab Balangan memulai dengan ketelitian persiapan regulasi yang dibutuhkan pemerintah desa dalam menyusun APBDes 2020 pada awal November 2019.

“Kita juga akan mengluarkannya kebijakan reward dan punishment bagi desa tepat waktu, adapun reward bagi desa dengan penetapan APBDes tepat waktu yaitu penyaluran Alokasi Dana Desa (ADD) Tahap I dan II disalurkan bersamaan di awal tahun,” jelasnya.

Selain itu, Pemkab Balangan juga melajukan penerapan Siskeudes online bagi seluruh desa sehingga memudahkan desa dan tim pembina desa baik tingkat kecamatan atau kabupaten dalam melakukan monitoring, serta melakukan rakor siskeudes secara berkala setiap triwulan.

“Namun yang tidak kalah penting adalah sinergitas Tim Pembina Desa terutama DPMD, kecamatan dan para pendamping desa, serta memotivasi dan mendorong kepala desa untuk terus mengikuti aturan yang ada,” imbuhnya. (jun/K-6)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya