Bupati HSS Resmikan Embung Irigasi Gumbil

Kandangan, KP – Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Achmad Fikry, meresmikan embung irigasi Gumbil, Senin (3/2/2020) di Desa Gumbil, Kecamatan Telaga Langsat.

Embung tersebut, telah selesai dibangun Dinas Pekerjaan Umum ?dan Tata Ruang (PUTR) HSS yang mengunakan Dana Alokasi Khusus (DAK).

Bupati HSS Achmad Fikry mengatakan, embung irigasi yang dibangun bisa untuk mengairi sawah seluar 550 hektare, dan petani dari sekarang harus mempersiapkan diri untuk memanfaatkan fasilitas yang telah dibangun.

Bupati Achmad Fikry berharap, petani bisa melakukan tanam hingga dua kali, ukurannya produksi meningkat sehingga pendapatan masyarakat juga meningkat.

“Dulu panen hanya sekali, ke depan dengan adanya embung irigasi bisa tanam dua kali,” ucapnya.

Berita Lainnya

Bupati HSS Siap Dukung dan Fasilitasi Kegiatan PCNU

Bupati Pimpin Rakor Lingkup Setda Kabupaten HSS

1 dari 1.198
Loading...

Achmad Fikry juga berpesan, dengan tersedianya air dapat digunakan dan diatur dengan baik. “Gunakan air irigasi dengan merata, sehingga potensi-potensi pertanian di Desa Gumbil bisa terus meningkat,” imbaunya.

Kepala Dinas PUTR Kabupaten HSS Tedy Soetedjo mengatakan?, embung irigasi dibangun dengan dana sekitar Rp.20.200.000.000, menggunakan dana alokasi khusus (DAK) dalam dua tahap.?

Tahap pertama pembangunan embung irigasi dilaksanakan pada 2018, dengan dana sekitar 6 miliar rupiah. Lalu tahap 2 dilaksanakan pembangunan bendungannya pada 2019, yang menggunakan anggaran sebesar Rp.14.200.000.000.?

“Bendungan yang dibangun ini bisa menampung air 10 ribu meter kubik, yang bisa mengairi sawah sekitar 550 hektare sawah di Desa Gumbil dan sekitarnya,” ungkapnya.

Peresmian embung dan bendungan irigasi tersebut, turut dihadiri para Kepala SOPD Kab HSS, Camat Telaga Langsat, Kepala Desa Gumbil, serta masyarakat gumbil. (tor/K-6)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya