Pemprov Kalsel Tunggu Rapid Tes Spesimen Covid-19

Banjarbaru, KP – Rapis tes untuk menguji spesimen covid-19 menjadi kewenangan pemerintah pusat, oleh karena itu Pemprov Kalsel, membuat permohonan meminta peralatan tersebut.


Dijelaskan Juru Bicara Covid-19 Kalsel, HM Muslim, jika memang diperlukan pihaknya siap mengambil sendiri peralatan tersebut.


Tidak hanya itu, secara khusus Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor, sudah menyurati Menteri Kesehatan, untuk meminta regen primer dan kontrol positif untuk laboratorium pemeriksaan covid-19.


Disebutkan Muslim, perlengkapan dan sumber daya manusia di Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) di Banjarbaru, cukup memadai.

Berita Lainnya
1 dari 1.039


“Jika semua sudah dipenuhi kementerian naka pemeriksaan konfirmasi positif atau negatif covid-19 dilaksakan di Banjarbaru, sehingga tidak lambat mendapatkan hasil,” ungkapnya, Jumat (20/3), usai rapat koordinasi covid-19, di Gedung Idham Chalid.


Kementerian Kesehatan juga sudah mengeluarkan surat keputusan untuk jejaring laboratorium pemeriksa spesimen covid-19. Muslim berharap persetujuan dari Kemenkes cepat keluar sehingga di daerah bisa bekerja lebih maksimal lagi.


“Melihat SK dukungan untuk fasilitas pemeriksaan akan dipercepat, jika SK dikeluarkan oleh menkes maka pemeriksaan bisa di daerah.

Untuk mempercepat persetujuan itu kami berupaya selalu kontak, jika perlu jemput bola. Begitu pula dengan rapid tes masih diusulkan bersama dengan regan primer dan kontrol positif covid-19. Semoga yang kami usul cepat keluar, jika komponennya sudah siap kita juga siap ambil sendiri agar lebih cepat,” tegas Muslim.(mns/KPO-1)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya