Gubernur Ajak Perguruan Tinggi Kelola Pertanian

390

Palangka Raya, KP – Untuk memantapkan ketahanan pangan, terlebih Kalteng dijadikan kawasan penyangga Ibu Kota Negara Baru (IKNB), Guberbur Sugianto Sabran ajak Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta kerjasama mengelola pertanian.

Ajakan itu ia sampaikan beberapa hari lalu terkait kesiapan Kalteng menjadi salah satu lumbung pangan nasional, ditandai kehadiran Menteri Pertanian ke Kalteng.

Pasalnya di lembaga perguruan tinggi merupakan sumber ilmu, pengetahuan dan tehnologi gambut yang menjadi ciri khas lahan di Kalteng. Bahkan di PTN dan PTS terdapat banyak tenaga muda untuk calon petani baru.

Ajakan itu diawali dengan kunjungan Kepala Dinas Pertanian Kalteng Dra. Sunarti ke kawasan pertanian gambut Universitas Palangka Raya, dinamakan Kawasan Tehno Part.

Berita Lainnya

Kampus UPR Terapkan Pembelajaran Daring

Polda Kalteng Beri Penghargaan Tokoh Adat

Loading...

Saat ini menurut Pengelola Tehno Part UPR Sulmin Gumiri baru di buka seluas 5 ha, dengan ujicoba budidaya ikan, jagung, ayam dan itik. Dan terbukti mampu menghasilkan panen yang memadai.

Luas lahan yang tersedia untuk pertanian di kawasan kampus UPR mencapai 35 ha, sisanya akan dibuka secara bertahap dengan bantuan alat berat dari Pemerintah Provinsi Kalteng berupa Eksavator.

Di areal yang sama akan dibangun kolam utama seluas 16 ha, sebagai sumber pengairan, dengan tehnologi hidrologi khas gambut.

Kolam juga nantinya dijadikan kawasan wisata dan penelitian, kawasan memancing.dan akan banyak fungsi lainnya, sehingga kawasan tehno part tidak kekurangan air di saat kemarau. (drt/K-10)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya