Kenakan APD Lengkap Anggota TNI Dukung Pemakaman Protokol Covid-19

Tanjung, KP – Sebanyak 4 orang anggota Kodim 1008/Tanjung turun langsung membantu proses pemakaman Warga yang Meninggal Dunia berinisial SSP (37) warga Kecamatan Murung Pudak di TPU Bangun Sari Kel. Belimbing Raya, Rabu (27/5) lalu.


Pemakaman dilaksanakan oleh petugas gabungan dari Tim Kesehatan RSUD Badaruddin Kasim bersama dengan anggota Kodim 1008/Tanjung, yakni dengan menggunakan prosedur pemakaman penanganan Covid-19, dimana setiap masyarakat yang meninggal dengan status PDP (Pasien Dalam Pengawasan) dilakukan dengan prosedur pemakaman khusus, meskipun belum terkonfirmasi positif. Selama proses pemakaman dapat berjalan dengan aman dan lancar.


Peltu M. Prayogo mengatakan, dirinya bersama dengan anggota yang terlibat pemakaman warga yang meninggal dunia menggunakan Protokol Covid-19 merupakan permintaan dari Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Tabalong dan sebagai bentuk wujud kepedulian kemanusiaan.

Berita Lainnya
1 dari 167
Loading...

Selanjutnya, ia mengatakan perlu kesiapan dan drill untuk melaksanakan pemakaman dengan menggunakan Protokol Covid-19, karena mengangkat dan memasukkan jenazah ke liang lahat dilaksanakan dengan mengenakan Alat Pelindung Diri (APD) yang dilengkapi dengan masker, sarung tangan, pelindung wajah dan sepatu boot, tentunya lebih terasa panas, dan sesak dikarenakan oksigen yang masuk agak kurang.

“Kami bersama anggota lain yang terlibat tetap semangat dalam melaksanakan tugas tersebut seraya berharap pandemi Covid-19 ini segera berlalu,” ujarnya.


Sementara, dihubungi secara terpisah Dandim 1008/Tanjung, mengatakan bahwa personil Kodim yang ikut membantu proses pemakaman tersebut sebelumnya sudah mendapatkan pelatihan dari Dinkes tentang tata cara pemakaman yang dimaksud.

“Kodim 1008/Tanjung yang tergabung dalam gugus tugas percepatan penanganan Covid 19, akan berusaha maksimal bersama-sama pemerintah Kabupaten Tabalong dalam rangka memutus rantai covid 19 di wilayah Tabalong,” demikian pungkas Dandim. (ros/KPO-1)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya