Kerusakan Alam, Sebabkan Sungai Katingan Meluap

Kasongan, KP – Kerusakan alam sebagai dampak illegal logging, penambangan liar, alih fungsi lahan merupakan penyebab terjadinya banjir di beberapa wilayah Kabupaten Katingan.

Banjir itu sendiri dikarenakan Sungai Katingan di Kabupaten Katingan sejak beberapa hari terakhir mulai dari bagian hulu atau Utara hingga ke hilir atau Selatan, meluap. Kondisi itu menyebabkan banjir di sejumlah wilayah.

Terkait ini, Kepala Dinas Lingkungan Hidup atau DLH Kabupaten Katingan, Hap Baperdo, Senin, 13 Juli 2020 mengatakan banjir yang terjadi di wilayahnya ini dipengaruhi beberapa faktor.

Hap Baperdo menggambarkan, misalnya adanya kegiatan ilegal logging yang diduga saat ini masih ada di wilayah hulu Katingan.

Berita Lainnya
1 dari 72
Loading...

Selain itu adanya kegiatan penambang tanpa izin atau PETI terutama yang dilakukan di sungai termasuk Sungai Katingan.

Lainnya berkurangnya tutupan lahan karena perubahan fungsi untuk perkebunan kelapa sawit.

“Mengapa sekarang adanya curah hujan air sungai cepat naik atau meluap ke permukaan, ini menandakan bahwa memang ada keseimbangan alam yang tidak mendukung satu sama lainnya, dan ini harus kita perbaiki kedepannya,” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup Katingan, Hap Baperdo.

Selain itu, tutur Hap Baperdo, memang ada juga pengaruhnya terhadap adanya perusahaan hak pengusahaan hutan atau HPH.

Namun, kata dia pihak HPH ada kegiatan rehabilitasi dan reboisasi meskipun juga menebang kayu yang hanya berdiameter besar lebih 40 centimeter. (net/isn/K-10)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya