Rumah Banjar Dispersip Jadi Background Tarian Sanggar Seni Nuansa

Banjarmasin, KP – Lenggak-lenggok dan gemulai tarian yang dibwakan Sanggar Seni Nuansa Banjarmasin, dengan latar Rumah Banjar (Kantor) miliknnya Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) provisi Kalsel.


Tak hanya itu tarian yang dibawakan mahasiswa ULM juga dilakukan rekaman vidionnya sebagai bahan festival tari tingkat nasional yang diadakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI melalui rekaman video dalam waktu dekat.

Berita Lainnya
1 dari 1.191
Loading...

Pembina Sanggar Seni Nuansa Arif Budiman,mengatakan, tujuan direkamnya video tari daerah Banjar sebagai bahan lomba festival tari tingkat nasionalSelain itu, sekaligus untuk persiapan mengikuti lomba tari tingkat Provinsi yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan melalui rekaman video tahun 2020 ini.

“Bertempat dihalaman Dispersip atau Perpus Palnan dimana memiliki ciri khas yakni bangunan tinggi yaitu rumah banjarnnya. Dimana Kota Banjarmasin memiliki karakter rumah adat yang kuat seperti rumah banjar dan tentunnya memperkuat karya dan visual tarian tersebut” katanya.
Sementara itu Kepala Dispersip Kalsel Nurliani Dardie, menyambut baik penggunaan Perpustakaan Palnam menjadi lokasi rekaman video oleh Sanggar Seni Banua untuk ajang lomba.
Bunda Nunung -panggilan akrab beliau- mengatakan, kegiatan ini sangat bermanfaat untuk mempromosikan Perpustakaan sekaligus budaya dan tradisi Banjar.

Menurutnya perpustakaan bukan hanya tempat membaca, akan terapi telah bertranformasi sebagai tempat inklusi sosial, dengan menjadi wadah berkegiatan bagi masyarakat dalam hal seni dan budaya.

“Jika Perpustakaan menjadi salah satu alternative untuk berkarya dan berkreasi dengan dukungan desain interior ruangan yang menarik, serta lingkungan yang nyaman untuk tempat berkegiatan saya setuju,” kata Bunda
Bunda Nunung menegaskan, perpustakaan harus mengikuti perubahan dan mau tak mau harus beradaptasi serta berevolusi sehingga tidak terlindas perubahan zaman. (fin/KPO-1)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya