Delapan Balon Kepala Daerah Terima SK Tes Kesehatan Gelombang 2

Banjarmasin, KP – Tahap pemeriksaan kesehatan bagi bakal calon kepala daerah di perhelatan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kalimantan Selatan tahun 2020 akhirnya selesai. Seluruh bakal calon yang sebelumnya menunda tahapan pemeriksaan kesehatan oleh tim dokter telah melewati tahapan tersebut.

Hal itu disampaikan langsung oleh Wakil Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ulin Banjarmasin, Among Wibowo saat ditemui awak media usai menyerahkan berkas pemeriksaan kesehatan kepada empat bakal calon kepala daerah yang saat itu mengikuti tes kesehatan gelombang kedua di ruang Medical Check Up (MCU) di lantai 4 gedung RSUD Ulin Banjarmasin, Jumat (18/09) siang.

“Hari ini alhamdulillah telah selesai dilaksanakan pemeriksaan kesehatan bagi seluruh bakal calon yang telah dilaksanakan sejak pagi kemarin,” ucapnya pada awak media.

Sehingga hari ini diserahkan surat keterangan dari RSUD Ulin kepada masing-masing bakal calon bahwa mereka telah selesai melaksanakan sekuruh rangkaian tahap tes kesehatan.

Ia menjelaskan, sejak Kamis 17 September pagi kemarin, tim dokter telah melakukan tes kesehatan gelombang kedua terhadap delapan bakal calon kepala daerah yang sebelumnya terpaksa menunda tahapan tersebut akibat dinyatakan positif terpapar virus Corona atau Covid-19.

“Empat orang telah menyelesaikan pemeriksaannya pada siang kemarin, dan hari ini terakhir juga empat orang yang telah selesai. Jadi tota ada delapan orang yang telah menyelesaikan tes kesehatan gelombag kedua,” jelasnya.

Berita Lainnya
1 dari 1.026

Menurutnya, selesainya tahapan pemeriksaan kesehatan tersebut menandakan bahwa kedelapan bakal calon kepala daerah yang kemarin dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19 itu telah dinyatakan sehat dan memenuhi syarat untuk melanjutkan tahapan yang sudah ditentukan KPU Kalsel.

“Memang benar sebelumnya mereka yang ikut tes kesehatan di gelombang kedua ini terkonfirmasi positif Corona, tapi setelah dilakukan oemeriksaan oleh dokter paru, seluruhnya dinyatakan sehat dan berhak mengikuti tes kesehatan,” ujarnya.

Untuk hasil pemeriksaannya sendiri, ia melajutkan, pihaknya akan melakukan rapat iternal terlebih dahulu dengan tim yang memeriksa, seperti Badan Narkotika Nasional (BNN) Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI) beserta pihak RSUD Ulin pada Senin 21 September 2020 mendatang.

“Setelah itu baru kita serahkan hasilnya ke KPU Kalsel,” tukasnya.

Sehingga, di dokter spesialis syaraf itu mengaku belum bisa membeberkan secara gamblang untuk hasil pemeriksaan tersebut kepada awak media.

“Ini kan baru selesai, tentunya kita hrus rapatkan terlebih dahulu baru bisa mengetahui apa hasilnya,” pungkas pria yang akrab disapa dr Among itu.

Sebelumnya, diketahui beberapa waktu yang lalu, sedikitnya delapan bakal calon kepala daerah yang berlaga dalam perebutan tahta tertinggi di 5 Pemerintah Daerah terpaksa menunda tahapan pemeriksaan kesehatan oleh tim dokter lantaran dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19.

Sehingga, mereka harus menjalani isolasi mandiri terlebih dahulu selama 10 hari untuk bisa melanjutkan tahapan tersebut untuk memastikan yang bersangkutan sudah terbebas dari paparan virus yang menginfeksi jaringan pernapasan manusia itu.(Zak/KPO-1)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya