Dosen FK Ajak ”Emak-Emak” Kembangkan Olahan Jahe

Banjarbaru, KP – Belum ditemukannya obat maupun vaksin Covid-19, mengharuskan masyarakat bisa menjaga imunitas tubuhnya. Memanfaatkan sumber daya yang dimiliki negara kita yang kaya tumbuhan empon-empon, semisal jahe, membuat beberapa dosen di Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat mengadakan pengabdian masyarakat yang melibatkan ibu rumah tangga di Kota Banjarbaru, Sabtu (12/9).

Mereka adalah Siti Wasilah, Andini Octaviana Putri, Meitria Syahadatina Noor, Fakhriyah dan Nika Sterina Skripsiana.

”Salah satu khasiat empon-empon, khususnya jahe adalah meningkatkan imunitas tubuh, sehingga kami mengajak ibu rumah tangga memproduksi olahan jahe, tak hanya untuk konsumsi pribadi, namun dijadikan bisnis rumahan yang menjanjikan pada situasi sulit sekarang,” jelas Andini, Minggu (20/9).

Berita Lainnya
1 dari 388

Dosen lainnya Nika berharap ibu-ibu rumah tangga dapat membuat minuman herbal dari jahe dan memasarkannya secara online dengan cara paling mudah. Menurutnya, produk olahan jahe diharap menjadi salah satu pilihan minuman herbal yang dapat diproduksi di level rumah tangga, dikonsumsi sendiri dan dipasarkan.

Fasilitator dalam kegiatan ini adalah Dr Isnaini SSi Apt MSi. Dosen FK ULM ini menjelaskan tentang cara produksi minuman olahan jamu. Produk olahan jahe dapat berupa bubuk atau minuman sesuai kemudahan pengolahannya.

Adapun jumlah ibu rumah tangga yang mengikuti kegiatan ini 10 orang. Mereka diarahkan bisa memanfaatkan dunia maya sebagai media pemasaran online. Peserta juga membuat video tutorial proses pembuatan olahan jahe dan mengunggahnya melalui medsos miliknya. (Wan/K-3)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya