Ketua TP-PKK Kabupaten Barito Selatan Minta Kepada Orangtua Peduli Kesehatan Anak

Buntok, KP – Ketua TP- PKK Kabupaten Barito Selatan, Hj.Permanasari mengatakan bahwa kesehatan Balita merupakan salah satu hal yang harus diperhatikan bersama, mengingat anak di bawah lima tahun masih memerlukan suplemen dan nutrisi penunjang sebagai bekal bagi perkembangan usia pertumbuhannya.

Ketua TP PKK Barsel Hj. Permanasari menjelakan, bahwa pengawasan tidak hanya sebatas menjadi tanggung jawab pemerintah saja, namun juga menjadi tanggung jawab keluarga khususnya kalangan ibu, yang merupakan insan paling dekat dengan anak, katanya.

“Kesehatan balita itu prioritas utama dalam pembangunan, karena anak adalah aset penerus pembangunan masa mendatang,” katanya.

Permanasarimenerangkan, selain sejumlah program yang digelar pemerintah melalui teknis Dinas Kesehatan seperti pelaksanaan lomba balita sehat.

Dan juga kalangan orang tua itu juga wajib berpartisipasi aktif memberikan makanan bernutrisi, menimbang anak secara berkala serta mengikuti rangkaian pemeriksaan kesehatan lanjutan yang dihelat di Posyandu atau Puskesmas terdekat.

Selain itu, kata Permanasari, orang tua itu juga wajib memantau perkembangan anaknya, mulai dari pola asuh hingga asupan makanan yang diberikan bagi balita.

Berita Lainnya
1 dari 107
Loading...

“Hal ini, karena ibu insan yang paling banyak menghabiskan waktu bersama anaknya,” ungkapnya.

Menurut Permanasari istri orang nomor satu di Pemkab Barsel itu, bahwa deteksi dini penting guna mencegah kemungkinan penyakit yang dapat mengganggu tumbuh kembang dan kesehatan balita.

Ia mengatakan, bahwa balita merupakan usia yang rentan terhadap penyakit.

“Karena dalam usia tersebut, daya tahan tubuh anak masih rendah sehingga mudah terjangkit virus atau kuman yang membahayakan tubuh,” terangnya.

Permanasari mengimbau, agar orang tua menghindarkan diri ketika terserang penyakit seperti flu atau batuk. Pasalnya, kata dia, virus tersebut cepat menyebar dan mengakibatkan anak sakit.

Ia juga meminta, agar anak yang masih dibawah dua tahun diberikan Air Susu Ibu (ASI) secara ekslusif, dengan tujuan meningkatkan kesehatan dan kecerdasan anak

Kedepan, melalui beberapa program unggulan, pihaknya terus berkomitmen meningkatkan derajat kesehatan anak melalui pemenuhan gizi yang seimbang,” ujarnya.(yld/KPO-1)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya