Penetapan Tak Dihadiri Paslon, KPU Sebut Rapat Pleno Sudah Sesuai PKPU 9/2020

Banjarmasin, KP – Rapat pleno penetapan pasangan calon (paslon) dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang diselenggarakan oleh Komisi Penyelenggara Pemilu (KOU) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) dilakukan secara tertutup dan tanpa dihadiri paslon kandidat yang berlaga di Pilkada Kalsel 2020.

Hal itu diutarakan oleh Komisioner KPU Provinsi Kalsel Edy Ariansyah usai memberikan keterangan pers di Aula KPU Provinsi Kalsel di Banjarmasin, Rabu (23/09) siang.

“Rapat pleno kali ini bersifat tertutup, sehingga dua paslon yang ditetapkan oleh KPU Provinsi Kalsel tidak berhadir

Ia menerangkan tertutupnya rapat pleno kali ini bukan bertujuan untuk menutup informasi kepada publik. Namun hal tersebut memang ketentuan dalam Peraturan KPU.

“Disana sudah ada yabg mengatur bahwa rapat pleno penentuan ini tidak terbuka,” ucaojya pada awak media.

Pria dengan sapaan Edy itu menjelaskan, peraturan yang dimaksudnya tersebut terdapat pada pasal 68 ayat (1) dan ayat (2) pada Peraturan KPU Nomor 9 Tahun 2020, rapat pleno penetapan paslon di Pilkada bersifat tertutup. Sehingga, rapat pleno ini hanya dihadiri oleh ketua dan anggota KPU Provinsi Kalsel.

Berita Lainnya
1 dari 1.190

“Dalam peraturan KPU tata kerja, ada rapat pleno terbuka dan ada pula rapat pleno tertutup,” imbuh Edy yang pernah menjadi Ketua KPU Provinsi Kalsel ini.

Alhasil, Edy menyebut, KPU Provinsi Kalsel tidak mengundang pihak eksternal dalam rapat pleno penetapan paslon ini. Termasuk tidak mengundang dua paslon Pilkada Kalsel yang ditetapkan oleh KPU Provinsi Kalsel.

“Rapat pleno tertutup, ya hanya berlima yang hadir,” sebutnya.

Kendati demikian, Edy memastikan dua paslon Pilkada Kalsel ini telah memenuhi syarat untuk maju di Pilkada Kalsel. “Semua paslon yang mendaftar di KPU Provinsi Kalsel telah memenuhi syarat,” tukasnya Edy.

Kemudian, setelah ditetapkan, ia menambahkan dua paslon yang akan bersaing memperebutkan tahta tertingi di Pemerintahan Bumi Lambung Mangkurat ini akan berhadir dalam pengundian nomor urut yang dijadwalkan di Kantor KPU Provinsi Kalsel pada Kamis (24/9/2020) pukul 16:00 Wita.

Dua hari setelgnya, terhitung pada Sabtu (26/9/2020) mendatang, sudah memasuki masa kampanye untuk dua paslon di Pilkada Kalsel.

“Mulai tanggal 26 September, memasuki tahapan kampanye,” pungkasnya.(Zak/KPO-1)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya