Pengunjung Perpustakaan Kapuas Selama Pendemi COVID-19 Terjun Bebas

Kuala Kapuas, KP – Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, Komari, mengatakan, bahwa jumlah pengujung ke perpustakaan setempat, selama masa pandemi COVID-19, menurun.


“Pelayanan sebelum pandemi terhitung dari bulan Januari sampai dengan Maret 2020, cukup membeludak dengan tercatat berjumlah 4.000 lebih pengunjung,” kata Komari, di Kuala Kapuas, Sabtu (5/9).


Namun setelah maraknya Virus COVID-19 hingga saat ini, angka pengunjung turun akibat dari pembatasan yang dilakukan untuk menyesuaikan dengan aturan dari protokol kesehatan.
Menurutnya, COVID-19 yang masih belum berakhir dan juga menjadi hal yang cukup mengganggu ruang gerak secara global, nasional terkhususnya di Kabupaten Kapuas, sehingga turut berdampak pada jumlah pengunjung. Pelayanan perpustakan selama masa pandemi COVID-19 tetap berjalan, namun dibatasi sesuai dengan protokol kesehatan.

Berita Lainnya
1 dari 107
Loading...

Dikatakannya, dalam melaksanakan kegiatan perpustakaan, pihaknya juga bekerjasama dengan Dinas Perhubungan Kabupaten Kapuas, dalam hal memberikan pinjaman Bus untuk menjemput siswa/siswi permasing-masing sekolah, dari tingkat Taman Kanak-kanak (TK), Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) yang ada di daerah setempat, secara terjadwal dan bergantian, sehingga antusias siswa/siswi meningkat dan lebih bersemangat.


Namun, ditengah pendemi saat ini masih terjadi, pihaknya menghentikan sementara kegiatan tersebut, dalam rangka upaya pencegahan penyebaran COVID-19 dengan mengikuti protokol kesehatan.


Untuk urusan ke arsipan yang seharusnya tahun ini akan dilakukan sosialisasi, dikarenakan ada petunjuk untuk tidak melaksanakan sosialisasi akibat dari keadaan COVID-19, pihaknya menggantinya dengan cara Petugas Kearsipan dan Perpustakaan mengunjungi setiap Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) setempar, terkait dengan pengelolaan kearsipan.


“Kami terus berharap, tetap berusaha dengan semangat dan kemampuan kami, agar kedepan dapat mengelola sistem kearsipan yang baik sehingga di setiap SOPD dapat tertata dengan baik. Karena arsip adalah salah satu dokumen kita yang perlu kita jaga dan rawat,” demikian Komari. (Al/KPO-1)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya