Sampaikan Pesan Kesehatan Lewat Madihin dan Panting

Banjarbaru, KP – Peduli pada perilaku hidup bersih dan sehat anak-anak, tim Program Kreativitas Mahasiswa Pengabdian Masyarakat (PKM-M) ULM menggelar program pemberdayaan menjaga kebersihan diri, di SDN 4 Cempaka Banjarbaru, Selasa (15/9) kemarin.

Kegiatan tersebut berjudul ”Komunikasi, Informasi dan Edukasi menjaga kebersihan diri pada Anak SD kelas 4-6 sebanyak 20 siswa Melalui Metode Madihin dan Panting”.

Dilaksanakan oleh Eva Mujiarahmah dari Prodi Kesmas, Muhammad Hidayattollah dari Prodi Sendratasik, Romi Hermawan dari Prodi Sendratasik serta tiga dari Prodi Kesmas, yakni Deddy Hermawan, Muhammad Azmiyannor dan Rabi’ah Arliana.

Ketua Tim PKM-M Eva Mujiarahmah mengatakan, program pemberdayaan masyarakat ini tujuannya untuk meningkatkan pengetahuan, sikap dan perilaku. Selain itu, juga keterampilan dalam memainkan alat musik madihin dan panting sebagai sarana dalam penyampaian pesan kesehatan.

Berita Lainnya
1 dari 1.595

”Sekaligus guna memperkenalkan dan melestarikan sejak dini budaya khas Kalsel ini,” katanya, Minggu (27/9).

Menurutnya, saat ini kebersihan diri sangat penting untuk menjaga diri dari berbagai penyakit, salah satunya dari Coronavirus (Covid-19) yang mengharuskan kita semua menjaga kesehatan, baik diri sendiri, keluarga dan lingkungan dengan mulai menjaga personal hygiene kita.

”Kami harap program tersebut berlangsung secara berkelanjutan,” harapnya.

Pada pemberdayaan ini, ada dua metode digunakan, bermadihin dan musik panting, ini agar penyampaian pesan kesehatan kepada anak SD mudah dimengerti dengan menggunakan bahasa kesehariannya serta mudah diingat.

”Selain itu, anak-anak terhindar dari rasa bosan dengan harapan terjadi interaksi yang baik sesama siswa,” pungkasnya. (Wan/K-3)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya