Iklan
Iklan
Iklan
Martapura

Kominfo-Jurnalis Banjar Serap Ilmu Pemko Semarang Kelola Media

×

Kominfo-Jurnalis Banjar Serap Ilmu Pemko Semarang Kelola Media

Sebarkan artikel ini
CINDRA MATA- Kadis Kominfo Aidil Basith bertukar cinderamata dengan Kabid Pengelolaan Informasi Diskominfo Semarang Agus Joko Triyanto. (KP/Wawan)

Martapura, KP – Diskominfostandi Banjar bersama rombongan jurnalis setempat melakukan kunjungan kerja ke Diskominfo Kota Semarang. Tujuannya guna menyerap pengalaman Pemko Semarang dalam hal kerjasama dengan media massa.

Rombongan dari Pemkab Banjar ini dipimpin Kadis Kominfostandi HM Aidil Basith dengan menyertakan puluhan media, baik cetak maupun elektronik yang tergabung dalam Jurnalis Banjar.

Android

Kedatangan rombongan awak media Banjar tersebut diterima Kadis Kominfo Kota Semarang Bambang Pramusinto diwakili Kabid Pengelolaan Informasi dan Saluran Komunikasi Publik Agus Joko Triyanto dan jajaran, di aula Diskominfo Kota Semarang, Rabu (21/10) kemarin.

Banyak hal yang disampaikan Agus Joko Triyono tentang bagaimana mengelola hubungan dengan media massa, termasuk sokongan anggaran yang cukup bagi publikasi.

“Kita tidak harus 100 persen kerja, kerja dan kerja. Tidak seperti itu. Pola kami hanya 75 persen kerja, sedang 25 persennya adalah publikasi,” ujar Agus didampingi Kasi Hubungan Media, Yossie.

Menurutnya, publikasi di media, termasuk media sosial sangat penting agar masyarakat mengetahui, bahwa pemerintahan punya program kerja pembangunan tengah berjalan.

Untuk menjalankan tugas menyampaikan informasi yang baik dan benar mengenai segala kegiatan Pemko Semarang, maka Diskominfo bekerjasama dengan Humas Kota Semarang dan juga media massa setempat.

“Pembagian tugas kami jelas antara Kominfo dengan Humas, sehingga informasi yang disampaikan melalui media kepada publik bisa berjalan baik, dan efektif,” imbuhnya.

Agus juga menyampaikan bagaimana kompaknya para jurnalis di Semarang. Mereka tergabung dalam Forum Jurnalis Kota Semarang yang terdiri dari berbagai media, baik cetak, online, radio maupun televisi. Forum ini tugasnya membantu menyebarkan informasi kepada publik atau masyarakat.

Melalui forum inilah, baik Kominfo maupun Humas bisa berdiskusi dan mengatur langkah untuk penyebaran informasi kepada publik.

Forum juga berfungsi sebagai penyaring jika ada media baru atau media luar yang ingin masuk ke Pemko Semarang.

“Teman-teman dari forum ini yang akan memfilter terlebih dahulu, sebelum bisa menjadi mitra kita,” tegasnya.

Kadis Kominfostandi Aidil Basith didampingi Kabid Informasi dan Komunikasi Publik Eddy Elminsyah Jaya menyampaikan terima kasih atas segala masukan tersebut. Menurutnya, banyak sekali yang bisa diserap dan menjadi bahan bagi pihaknya untuk peningkatan peran media guna membantu menginformasikan pembangunan di Kabupaten Banjar. (Wan/K-3)

Iklan
Iklan