Pebiliar HSU pertahankan gelar juara umum Kejurprov

Tim billiard Kabupaten HSU yang dipimpin H Ulup, mempertahankan gelar juara umum Kejurprov 2020, merebut 6 emas, 2 perak dan 1 perunggu.

Banjarmasin, KP – Pengorbanan H Sapuani ke Banjarmasin berbuah manis. Ketua Umum Pengurus Cabang Persatuan Olahraga Biliar Seluruh Indonesia (Pengcab POBSI) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) itu,tak pernah absen mendampingi para pebiliar Kabupaten HSU berlaga di Kejuaraan Provinsi (Kejurprov) Biliar Kalsel 2020 di One Pool Jl Pangeran Antasari Banjarmasin(Jalan Jati), yang berakhir Selasa (17/11).

Hasilnya, tim biliar Kabupaten HSU berhasil keluar sebagai juara umum sekaligus mempertahankan gelar juara, yang pernah diraih di ajang yang sama, tahun lalu dengan jumlah medali 3 emas, paparnya.

H Sapuani menuturkan anak-anak didiknya membawa pulang enam medali emas, dua perak, dan satu perunggu. “Alhamdulillah, ini berkat kerja keras dan kesolidan para pebiliar Kabupaten HSU. Mereka memang fokus latihan demi tampil maksimal di Kejurprov ini,” ujar pria yang akrab disapa H Ulup itu.

Ditambahkan H Ulup, keberhasilan tim biliar Kabupaten HSU juga berkat dukungan Pemkab HSU yang dipimpin oleh Bupati Kabupaten HSU, H Abdul Wahid. Serta, dukungan penuh dari Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten HSU, H Barkati.

“Dengan keberhasilan jadi juara di Kejurprov, semoga semakin menambah motivasi kami berlaga di Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XI Kalsel 2022 di Kandangan, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS),” tambahnya.

Berita Lainnya
1 dari 271

Proyeksi ke depan, Pengcab POBSI Kabupaten HSU akan menggelar kejuaraan biliar terbuka (Open) di awal 2021 mendatang. “Pebiliar HSU yang jadi juara di Kejurprov akan kami turunkan kembali di kejuaraan open tersebut. Sehingga, akan semakin menambah jam terbang mereka jelang tampil di Porprov Kandangan,” sambungnya.

Enam medali emas disabet dari nomor bola 9 single putra (Noor Hidayatullah), bola 9 single putri (Junia Christie), double bola 9 putra (Supian/Noor Hidayatullah), bola 10 single putra (Supian), six red (Sukma Adenan), dan English Billiard (Sukma Adenan). Dua medali perak disabet di nomor bola 10 single putri (Junia Christie) dan Six Red (Masmuryadi). Satu medali perunggu buat Kabupaten HSU disabet pada nomor English Billiard (Masmuryadi).

Ketua Harian Pobsi Kalsel, H Nur Fathulliansyah mengutarakan kepada wartawan, Sabtu, karena Kejurprov merupakan agenda wajib dalam pembinaan atlet, maka para pengurus berupaya keras agar even tetap bisa dilaksanakan, meski akhirnya harus ‘bakumpulan’ karena tidak adanya bantuan dari pihak-pihak terkait.

‘’Alhamdulillah meski dalam kondisi prihatin, karena minim dana dan masih adanya ancaman pandemi covid-19, namun even yang digelar di rumah billiard One Ball Jl Pangeran antasari, bias diikuti atlet dari 12 kabupaten kota, hanya Kabupaten Balangan yang tidak bisa mengirimkan atlet. Karena terbentur karena masalah dana,’’ papar Fathul, sapaan akrab Ketua Harian Pobsi Kalsel yang didampingi Tournament Director Andy Rizky.

Padahal Kejurprov ini merupakan even strategis untuk memberikan pelatihan sekaligus pengalaman tanding bagi para atlet. Mereka yang meraih predikat terbaiik juga akan disiapkan untuk mengikuti Kejuaraan Nasional, kata Fathul.

Secara keseluruhan jumlah peserta kelompok putra 25 atlet, putri 23 atlet dan 17 snoker. Tiap daerah sebagian besar mengirimkan atlet lengkap 4 putra dan 4 putri plus 2 atlet untuk snoker. (nfr/k-9)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya