Ambil Langkah Cepat
Pemkab Anggarkan Dana Rp2,5M Guna Atasi Banjir

Pelaihari, KP – Pemerintah Kabupaten Tanah Laut (Tala) menganggarkan Rp2,5 miliar untuk mengatasi banjir yang terjadi di Bumi Tuntung Pandang. Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Bupati Tanah Laut (Tala) Abdi Rahman saat Rapat Pemantapan Tim Pos Komando Penanganan Bencana Banjir dan Angin Puting Beliung Tahun 2021 di Kabupaten Tala bertempat di Aula Bappeda, pada Rabu (13/1/2021).

Lebih lanjut ia mengungkapkan anggaran ini diambil dari Biaya Tidak Terduga (BTT) untuk penanganan bencana banjir yaitu perbaikan waduk yang jebol di Desa Banua Tengah, persediaan logistik seperti popok bayi, selimut, bahan pokok makanan dan lain sebagainya.

Menurutnya logistik mempunyai peran penting dalam upaya penanggulangan bencana sehingga segala kebutuhan logistik harus diperhitungkan dengan baik saat akan didistribusikan untuk korban banjir, sehingga tidak ada masyarakat yang kekurangan dan mengalami kelaparan.

Lebih lanjut ia mengatakan akibat curah hujan yang semakin tinggi kondisi banjir dimasing-masing kecamatan semakin meluas dan diluar perkiraan. Hal ini membuat pemerintah daerah setempat harus mematangkan strategi untuk mendistribusikan ke posko-posko dan masyarakat korban banjir.

Berita Lainnya
1 dari 417

“Saya harap seluruh SKPD dan rekan semua kerja cepat. Semua ini harus disertai aksi jangan hanya omongan saja, karena kita bekerja dalam hitungan jam tidak lagi dengan hitungan hari,” tegasnya.

Abdi juga mengingatkan agar terus mengedukasi korban banjir agar bersedia untuk dievakuasi, sehingga mencegah adanya kejadian yang tidak diinginkan. Ia juga ingin seluruh relawan yang bertugas untuk mendata ibu hamil, anak-anak dan juga jompo untuk dievakuasi terlebih dahulu.

Hingga saat ini, telah dilaporkan sebanyak 5.753 rumah, 5.985 kepala keluarga dan 19.871 jiwa yang menjadi korban banjir di Tala.

Turut berhadir pada acara tersebut, Sekretaris Daerah Tala H Dahnial Kifli, Dandim 1009/plh Adi Yoga Susetyo, yang mewakili Polres Tala, Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Ahmad Hairin, Asisten Administrasi Umum Safarin, SKPD lingkup Pemerintah Kabupaten Tala. (rzk/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya