Animo Masyarakat HSU Ikuti Swab Cukup Tinggi

PESERTA SWAB - Yang diselenggarakan Dinkes HSU beberapa waktu lalu. (KP/Ist)

Amuntai, KP – Animo warga di Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) yang memanfaatkan pemeriksaan kondisi kesehatan dengan Swab untuk mengetahui apakah tepapar Virus Covid 19 nampaknya cukup tinggi.

Hal itu terlihat dari cukup banyaknya warga yang memanfaatkan layanan gratis Swab guna mendeteksi Virus Covid 19 yang dilaksanakan Pemerintah Kabupaten (pemkab) HSU melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat. Diperkirakan mencapai 600 orang peserta yang dilaksanakan beberapa waktu tersebut.

Program Swab test merupakan bagian dari rangkaian upaya Pemkab HSU dalam mencegah dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di HSU.

“Sesuai dengan petunjuk dan arahan Bupati HSU perlu adanya kegiatan yang sifatnya masif, supaya kita bisa mengetahui masyarakat HSU ini, berapa sebenarnya yang positif atau tidak, ini juga bagian dari kelanjutan upaya tracing dan tracking,” ujar Plt Kepala Dinas Kesehatan HSU H. Danu F Fotohena.

Berita Lainnya
1 dari 338

Hasil total jumlah yang melakukan tes swab di HSU dengan target 200 sampel, dari hari pertama dibuka tanggal 28 Desember sampai 30 Desember sudah ada 450 sampel orang yang melakukan swab gratis.

“Jadi rata-rata sehari itu yang melakukan swab 150 orang, Jadi kemungkinan sampai hari ini perkiraan totalnya ada 600 orang, sudah melebihi dari target 200 orang,”, lanjut Danu beberapa waktu lalu.

Danu menambahkan, pelaksanaan swab test gratis ini dilakukan oleh tenaga profesional dengan peralatan sesuai standar, sehingga sangat cepat serta hasilnya bisa diketahui paling lama 2 hari.

“Alat Lab PCR-nya ada di Rumah Sakit Pambalah Batung, biasanya selesai pengambilan swab langsung dipacking, dilabel, kemudian langsung dibawa ke rumah sakit Pambalah Batung,” tutur Danu.

Dinkes HSU berencana akan terus melakukan swab gratis untuk masyarakat di HSU untuk mencegah penyebaran virus Covid-19. Mengingat berdasarkan data HSU dari 23 November sampai 23 Desember ada tren peningkatan yang cukup signifikan. (nov/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya