Secara Berkala, Dinkes Balangan Akan Periksa Depot Air Minum

Paringin, KP – Dinas Kesehatan kabupaten Balangan akan melakukan pengecekan kualitas air isi ulang, guna menjamin kesehatan masyarakat, khususnya konsumen air minum isi ulang tersebut.

Pengambilan dan pemeriksaan sampel depot air minum dalam rangka menjalankan kegiatan Program Penyehatan Lingkungan ini, bertujuan menjamin jika air yang dikonsumsi atau dibeli masyarakat di depot-depot air isi ulang kualitasnya bagus.

Menurut Kepala Dinkes Balangan Erwan Mega, kegiatan pengambilan dan pemeriksaan air di depot air isi ulang ini rutin dan berkala dilakukan pihaknya.

“Kegiatan pengambilan dan pemeriksaan depot air isi ulang ini biasanya dilakukan kawan di Puskesmas dan terbagi dalam wilayah kerja Puskesmas masing-masing,’’ ujar Erwan, belum lama tadi.

Kegiatan ini, kata Erwan, rutin dilaksanakan yaitu per enam bulan, sehingga dalam setahun dilaksanakan dua kali.

Berita Lainnya
1 dari 462

Lebih lanjut disampaikannya, bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah mengetahui kualitas air isi ulang yang digunakan oleh masyarakat.

Kemudian memantau kualitas air minum isi ulang, agar sesuai dengan baku mutu yang telah disyaratkan, serta memberi rasa aman akan kesehatan pada masyarakat pengguna air isi ulang.

“Harapan kami dengan adanya kegiatan yang dilaksanakan ini, semua depot air minum di merasa diperhatikan dan menjaga kualitas airnya,” ujarnya.

Selain itu, manfaat dari kegiatan ini juga sangat banyak diantaranya dapat mengetahui kualitas air minum isi ulang di Bumi Sanggam.

Lalu diketahuinya jumlah depot air minum isi ulang yang memenuhi syarat kesehatan baik secara fisik, kimia dan bakteriologis.

“Bagi penjual manfaatnya dapat sertifikat laik sehat yang tentunya akan menambah nilai ekonomis depot air minum yang dimilikinya sebagai tempat usaha,” katanya. (rel/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya