Iklan
Iklan
Iklan
Balangan

Bumdes Harus Bisa Membangun Desa

×

Bumdes Harus Bisa Membangun Desa

Sebarkan artikel ini

Paringin, KP – Keberadaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), dimaksudkan bukan hanya sekedar ornamen yang ada dalam sistem pemerintahan desa. Karena itu, Pemkab Balangan berharap pengelolaan BUMDes dapat dimaksimalkan.

Seperti yang pernah disampaikan Bupati Balangan, H Ansharuddin, proses pembangunan perekonomian desa telah lama menjadi pekerjaan rumah yang harus dipecahkan untuk mencapai kesejahteraan masyarakat.

Android

Dimana, kata bupati, desa mempunyai potensi yang bisa digunakan sebagai amunisi untuk menggerakkan roda perekonomian suatu daerah.

“Nah dengan keberadaan Bumdes ini bisa dijadikan motor penggerak kemajuan perekonomian bagi desa,” tegasnya.

Menurut Ansharuddin, BUMDes adalah solusi paling benar untuk mengelola seluruh transaksi ekonomi desa, baik internal dalam desa maupun antar desa.

“Apalagi sekarang dana desa cukup besar, bisa saja dana desa diprioritaskan untuk pembentukan BUMDes. Sedang desa-desa yang telah memiliki BUMDes agar dana desa dijadikan tambahan modal kerja,” jelasnya.

Gagasan BUMDes itu sangat baik, namun kata dia, ada yang perlu diperhatikan yakni, penggunaan dana desa untuk modal BUMDes itu tentu perlu kehati-hatian dalam pengelolaanya.

“Jangan sampai salah mengelola BUMDes, sehingga dana desa yang diidamkan masyarakat untuk membangun desa bisa hilang tanpa bekas,” himbaunya.

Untuk itu, gagasan pembentukan BUMDes harus tetap diwujudkan, tapi dengan tahapan sesuai tingkat kemampuan setiap desa mengelolanya.

“Kelolalah Bumdes sesuai aturan dan kembangkan usahanya berbarengan dengan potensi yang dimiliki desa masing-masing,” imbuhnya. (jun/K-6)

Iklan
Iklan