HSU Siap Laksanakan Vaksin Covid 19

Amuntai, KP – Guna melihat kesiapan rencana melaksanakan vaksinasi Covid 19, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) menggelar simulasi.

Simulasi digelar Jumat (8/1/2021), di Kantor Dinkes setempat diikuti tenaga kesehatan (nakes) melihat sejauh mana kesiapan teknis vaksinasi untuk para tenaga kesehatan dan pejabat publik yang rencananya bakal menjalani vaksinasi pada 14 Januari 2021 mendatang.

Plt Kepala Dinkes HSU, Danu Futuhena mengatakan sebagaimana sesuai dengan arahan Bapak Bupati HSU Drs H Abdul Wahid MM MSi bahwa pelaksanaan Vaksin secara simbolis pada tanggal 14 januari mendatang. Oleh sebab itu perlu kita melihat bagaimana kesiapannya.

Futuhena mengungkapkan bahwa untuk saat ini pihaknya sudah siap melaksanakan vaksin,” saat ini kita sudah siap melaksanakan (vaksinasi) ini, tanggal berapa pun, dimajukan atau diundur sekalipun. Karena itu hari ini kita melaksanakan simulasi bagaimana teknis pelaksanaannya”, ungkapnya.

Berita Lainnya

Tenaga PKP Ikuti Diklat

Wujudkan Kota Layak Anak HSU Miliki MRA

1 dari 386

Melalui simulasi vaksinasi ini pihaknya juga akan melihat situasi kedepan apabila nantinya mendekati hari H, antara tanggal 12-13 Januari mendatang, vaksin belum juga di distribusikan ke Kabupaten. Pihaknya sudah selalu siap melihat situasi seperti ini.

Saat ini, kata Danu jumlah data Nakes di Kabupaten HSU yang rencananya di vaksinasi sesuai input data terbaru mengalami penambahan menjadi 1.575.

“Itu semua data Nekes di seluruh Fasilitas kesehatan di HSU Termasuk di Dinas Kesehatan yang jumlahnya 101 orang.”, lanjutnya.

Sementara itu, Kabid P2PL Dinkes HSU Masbudianto, mengatakan agar memudahkan jalannya vaksinasi nantinya Nakes diarahkan untuk menjalani vaksinasi di pasilitas kesehatan masing-masing, baik itu di puskesmas, klinik Polres HSU maupun RSUD Pambalah Batung Amuntai.

“Untuk teknis vaksinasi nantinya, Kita berikan dua sampai tiga sesi perhari, sesuai jumlah Nakesnya, satu sesi sekitar 15 orang menjalani vaksinasi, samapai sesi ketiga yakni mencapai maksimal 45 orang perhari nya, apabila lebih maka di himbau untuk melakukan vaksinasi di hari berikutnya”, ungkap Masbudi. (nov/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya