Hujan Deras, Sebuah Rumah Warga Mawangi HSS Tertimpa Longsor

Kandangan, KP – Hujan cukup deras hampir semalaman penuh, mengakibatkan tanah longsor yang menimpa sebuah rumah di Dusun Hariang, Desa Mawangi, Kecamatan Padang Batung, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Senin (11/1/2021) dinihari.

Rumah di Jalan Hasan Basry Kandangan-Loksado tersebut, berdekatan dengan sisi tebing gunung. Sehingga tanah yang longsor, langsung menimpa bagian belakang rumah.

Seorang pemilik rumah, Zakaria mengatakan, hujan cukup deras Minggu (10/1/2021) malam. Ia bersama 4 anggota keluarga lain, sedang tidur lelap di dalam rumahnya tersebut.

Sekitar pukul 3.00 Wita dini hari, terdengar suara dinding rumahnya berderak. Beruntungnya, hal itu mengakibatkan ia terbangun dan segera memeriksa asal bunyi tersebut.

“Setelah saya buka kamar ternyata ada air bercampur tanah yang mengalir ke seluruh ruangan, dari belakang hingga ke depan rumah,” terang pria paruh baya itu, mengisahkan.

Kemudian, Zakaria membangunkan seluruh anggota keluarga untuk mengeluarkan seluruh barang berharga dari rumah, dan melakukan evakuasi ke tempat aman.

Berita Lainnya
1 dari 568

Sampai matahari terbit, tanah gunung di belakang rumahnya perlahan turun dan memenuhi seisi rumah.

Tidak ada korban jiwa dari musibah tersebut, namun hampir separo bagian rumahnya rusak parah dan seluruh bagian rumah menjadi kotor.

Sampai pukul 12.00 Wita, Zakaria beserta kerabat dekatnya masih bekerja membersihkan seluruh rumahnya dari ranting dan tanah yang masuk ke rumahnya.

Zakaria mengungkapkan, sebelumnya saat hujan deras pada November 2020 lalu, juga pernah longsor menimpa sebagian belakang rumahnya, namun tidak separah sekarang. Setelah kejadian pertama itu, dibersihkan tanah-tanah yang menimpa, dan kemudian rumahnya kembali ditempati karena kerusakan tidak terlalu parah.

Zakaria mengaku trauma tinggal di rumah itu, namun masih ragu akan pindah lokasi rumah atau tetap bertempat tinggal di sana.

“Seandainya ada punya tanah di lain, mungkin pindah lokasi rumah,” ujarnya sedih.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) HSS langsung menyalurkan bantuan tanggap darurat melalui Dinas Sosial, serta menurunkan alat berat dari Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) untuk membantu warga terdampak tersebut.

Bahkan, pagi itu Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad datang langsung melihat situasi rumah warganya yang terdampak bencana alam tanah longsor tersebut. (tor/KPO-1)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya