PDAM Serius Tanggapi Keluhan Warga Sungai Andai

Banjarmasin, KP – PDAM Bandarmasih tidak tinggal diam atas adanya keluhan warga RT 38 Kompleks Purnama Permai 3 Sungaiandai Banjarmasin yang sudah mendatangi kantor di Jalan A Yani km 2 itu.

Senior Manager Produksi dan Distribusi PDAM Bandarmasih, Walino didampingi Humas PDAM Bandarmasih, Nur Wakhid, menjelaskan bahwa sejauh ini sebenarnya sudah dan sedang diambil tindakan untuk jangka pendek.

“Permasalahannya berada di sistem, sehingga kami memang tidak mendatangi langsung ke lokasi wilayah yang mengalami kurang lancar distribusi air tersebut,” ucap Walino, kepada awak media, Senin (11/1/2021).

Adapun tindakan jangka pendek memiliki beberapa tahapan, yakni mensimulasikan pompa di IPA 2 Pramuka untuk meningkatkan kapasitas transfer ke Benua Anyar. Kemudian, evaluasi Reservoar Banua Anyar atau optimalisasi dengan harapan dapat menambah debit distribusi atau dapat memperpanjang jam operasional, khususnya pada jam puncak.

Berita Lainnya
1 dari 3.546

Selanjutnya, Pemerataan tekanan di jaringan, baik pada jaringan pipa primer, sekunder dan tersier. Kemudian pembenahan jaringan atau interkoneksi di kompleks Sungai Andai sendiri sudah dilaksanakan, sebelumnya masih koneksi pipa tersier ke tersier dibenahi dari pipa sekunder ke pipa tersier.

Walino menyebutkan saat ini sudah ada peningkatan pendistribusian air namun memang belum optimal.

“Alhamdulillah sudah mengalir. Masih perlu peningkatan lagi, tentu akan ada tindak lanjutnya,” imbuhnya.

Pada saat ini PDAM sedang menyiapkan pipa beserta aksessories untuk pelaksaan pekerjaan interkoneksi Pipa Primer dia. 300 x 250 mm lokasi di simpang tiga Padat Karya atau depan panti asuhan untuk membantu percepatan pemerataan distribusi di wilayah tersebut.

Walino menjelaskan, untuk jangka menengah, pihaknya akan memasang pemas pipa dari Booster Banua Anyar sampai dengan simpang empat lampu merah jalan Sultan Adam atau double pipa yang sudah dipasang sebelumnya.

Pria yang sudah 19 tahun bersama PDAM Bandarmasih ini juga menyampaikan untuk tindakan jangka panjang, akan dilakukan pemasangan double pipa dari Pramuka ke Benua Anyar serta penambahan air baku dari Sungai Tabuk, Pematang, dan Pramuka sehingga bisa meningkatkan volume transfer. Ini semua tentunya dilaksanakan secara bertahap mengingat biaya yangg diperlukan tidak lah sedikit, kalau hanya menunggu kemampuan internal dari PDSM Bandarmasih akan memerlukan waktu yang lama.

“Mewakili manajemen, kami memohon maaf yang sebesar-besarnya apabila pelayanan khususnya di wilayah Sungai Andai belum bisa memuaskan pelanggan disana. Yang jelas kami dari PDAM Bandarmasih akan berusaha semaksimal mungkin tentunya sesuai dengan kemampuan perusahaan,” tutupnya. (Vin/KPO-1)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya