Penjualan Ikan Hias dan Aquarium Menggeliat Selama Pandemi

Dikatakan Sarifudin, harga ikan yang dijualnya bervariasi, namun cukup terjangkau untuk semua kalangan, terutama penghobi yang baru memulai memelihara ikan hias.

BANJARMASIN, KP – Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu luang selama pandemi covid-19. Kegiatan tersebut malah menjadi hobi bagi banyak orang.

Imbasnya, sejumlah bisnis pun mendapat berkah tersendiri, seperti pengusaha tanaman hias dan ikan hias.

Salah satunya, dirasakan Sarifudin, pemilik Toko Rahmat Aquarium di jalan Veteran, Banjarmasin.

Menurutnya, pelanggan banyak yang datang ke tempatnya untuk membeli ikan maupun berbagai perlengkapan aquarium lainnya.

“Kami menyediakan bermacam-macam jenis ikan hias, seperti memfis, Red Fin, Moly, Marbel, Gupy, Santa dan Remi Rezi. Itu hanya sebagian, masih banyak jenis ikan lainnya di sini,” ujarnya kepada Kalimantan Post, Minggu (10/1).

Dikatakan Sarifudin, harga ikan yang dijualnya bervariasi, namun cukup terjangkau untuk semua kalangan, terutama penghobi yang baru memulai memelihara ikan hias.

Berita Lainnya
1 dari 935

“Biasanya, bagi pemula itu masih berhitung-hitung masalah harga kalau ingin memelihara ikan hias. Nah, di tempat kami tersedia banyak jenis ikan hias dengan harga yang cukup murah,’’bebernya.

“Meski harganya murah, namun corak dan warnanya tetap indah untuk dipandang. Misalnya, ikan Memfis, Moly dan Marbel harganya hanya Rp 3.500. Jenis Red Fin Rp 5.000. Ada juga Koi yang kecil Rp 5.000. Kalau Gupy dan Santa Rp 10.000 dan Remi Rezi Rp 20.000,” bebernya.

Selain menjual ikan hias, lanjut Sarifudin, tokonya juga menjual aquarium, aneka aksesoris, pakan dan obat ikan, serta perlengkapan lainnya.

“Kami juga melayani pembuatan aquarium. Model dan ukurannya kita sesuaikan dengan kehendak konsumen. Harganya mulai Rp 60.000 hingga Rp 500.000. Ada yang pakai sekat, minimalis atau model lain. Bisa juga jika ingin satu set dangan aerator dan aksesorisnya,” imbuh Sarifudin.

Ia menambahkan, selama beberapa bulan belakangan ini omzet penjualan di tokonya meningkat. Meski tak merinci lebih detail, ia mengatakan hampir setiap hari ada saja pelanggan yang datang.

“Alhamdulillah, lumayan lah penjualan cukup ramai. Mungkin, pengaruh orang bosan di rumah saja tanpa ada aktivitas. Jadi, banyak yang memelihara ikan sebagai hobi baru,” ucapnya, sambil melayani pelanggan yang terlihat penuh di tokonya.

Sementara, Yani, seorang pengunjung menuturkan, ia sengaja datang ke Toko Rahmat Aquarium untuk memilih ikan hias, sekaligus ingin membeli aquarium dan peralatan lainnya.

“Iya, ini mau milih-milih ikan buat nambah koleksi yang sudah ada di rumah. Lumayan lengkap di sini. Sekalian mau beli aquarium juga,” katanya. (opq/K-1)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya