PGMI Keluhkan Tidak Diakomodir CPNS

Berita Lainnya
1 dari 2.147

Banjarmasin, KP – Pendidikan Guru Madrasah Ibtidayah (PGMI) mengeluhkan tidak diakomodir pada penerimaan calon pengawai negeri sipil (CPNS) pada formasi guru kelas.
“Kita ingin diakomodir pada formasi guru kelas, seperti halnya lulusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD),” kata Ketua Perkumpulan Dosen PGMI Indonesia wilayah Kalsel, Barsihanor kepada wartawan, usai menyampaikan aspirasi ke Komisi IV DPRD Kalsel, Kamis (7/1/2021), di Banjarmasin.
Menurut Barsihanor, sebenarnya kemampuan PGMI dan PGSD itu sama, termasuk kurikulumnya, namun keberadaannya tidak diakomodir pada penerimaan CPNS, karena hanya diperuntukan bagi guru kelas dari PGSD.
“Bagaimana mau bersaing, kalau dalam formasi yang ada tidak diberikan kesempatan untuk lulusan PGMI, yang jumlahnya banyak,” tambahnya.
Sementara peluang untuk menjadi guru PNS tersedia di Kementerian Agama, namun formasi ini juga diberikan kesempatan kepada lulusan PGSD maupun guru agama. “Akhirnya kesempatan lulusan PGMI menjadi PNS semakin terbatas,” tambahnya.
Barsihanor mengakui, respon Komisi IV cukup bagus terhadap keluhan PGMI ini, dengan mengirimkan surat ke DPRD kabupaten/kota dan instansi terkait, agar peluang PGMI menjadi PNS terbuka.
“Kita berterimakasih atas support dewan ini, agar peluang PGMI mendapatkan formasi PNS terbuka,” ungkap Barsihanor.
Ketua Komisi IV DPRD Kalsel, HM Lutfi Saifuddin mengatakan, PGMI mengeluhkan terbatasnya kesempatan untuk menjadi PNS, karena formasi guru kelas tidak memberikan ruang bagi lulusan PGMI.
“Padahal mereka ini sama dengan lulusan PGSD, yang memiliki kemampuan untuk mengajar di tingkat SD/MI,” kata Lutfi.
Menurut Lufti, hal ini mungkin dikarenakan kurangnya pemahaman kabupaten/kota, khususnya Badan Kepegawaian Daerah (BKD) terkait kualifikasi lulusan PGMI.
“Nanti kita surati DPRD maupun BKD kabupaten/kota agar memberikan kesempatan yang sama kepada lulusan PGMI untuk menjadi guru kelas,” jelas politisi Partai Gerindra ini. (lyn/KPO-1)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya