Diperlukan Perlindungan Perempuan dan Penguatan Ekonomi Ditengah Pendemi Covid-19

Palangka Raya, KP – Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng) Ivo Sugianto Sabran mengemukakan ditengah pandemi covid 19, perempuan Indonesia perlu perlindungan dan penguatan ekonomi.

Hal itu ia ungkapkan saat webinar, peringatan Hari Kartini di Aula Jayang Tingang, Kamis (29/4). Diakui perempuan Indonesia adalah sumber daya potensial yang apabila diberi kesempatan akan maju dan meningkatkan kualitasnya secara mandiri dan menjadi penggerak dalam dimensi kehidupan dan pembangunan Bangsa.

Menurut Ketua TP-PKK Kalteng Ivo Sugianto Sabran, ironisnya masih ada fakta kurang menyenangkan bagi perempuan, kesenjangan pembangunan antara perempuan dan laki-laki, terbatasnya akses sebagian besar perempuan terhadap fasilitas kesehatan yang lebih baik, pendidikan yang lebih tinggi, kurang peran perempuan dalam lembaga publik yang lebih luas seperti partisipasi dibidang politik dan jabatan strategis dibidang Pemerintah.

Ivo juga mempertanyakan, ketika perempuan menjadi pemimpin apakah mereka akan memiliki keberpihakan kepada perempuan lainnya. Inilah tantangan yang harus dijawab oleh perempuan diberbagai bidang masing-masing.

“Secara kultural, perempuan di Indonesia terbelenggu budaya daerah masing-masing, yang membatasi peran kaum perempuan dalam berbagai hal, utamanya pejabat publik, sosial dan politik.

Berita Lainnya
1 dari 530

Disebutkan, saat ini kita sedang menghadapi pandemi Covid-19 yang melanda seluruh dunia, termasuk Indonesia dan tidak terkecuali di Kalteng. Pandemi ini sangat mempengaruhi roda kehidupan masyarakat baik secara ekonomi, kesehatan, pendidikan serta ketahanan pangan keluarga.

Pada saat yang sama, kaum perempuan juga berperan penting sebagai garda terdepan dalam penanganan Covid-19 diberbagai Daerah. Dan upaya perlindungan perempuan dan penguatan ekonomi melalui pemberdayaan perempuan sangatlah penting dilakukan diantaranya yaitu dengan memaksimalkan potensi perempuan untuk menggerakan roda perekonomian khususnya di era digital ini.

Perempuan memiliki potensi dan berperan besar dalam pembangunan Nasional, tidak terkecuali dibidang ekonomi. Hal ini dapat tercapai jika potensi tersebut dapat dimanfaatkan secara optimal dan maksimal.

Selain itu, perkembangan teknologi yang sangat pesat saat ini juga menjadi tantangan sekaligus peluang bagi para perempuan untuk berkontribusi dalam berbagai sektor.

Webinar Peringatan Hari Kartini ke-142 Tingkat Prov. Kalteng dihadiri Deputi Bidang Partisipasi Masyarakat, Kementerian PPPA RI Vennetia R. Danes, Sekretaris Daerah Prov. Kalteng Fahrizal Fitri, Wakil Kepala Kepolisian Daerah (Wakapolda) Kalteng Brigjen Pol Ida Oetari Purnamasasi, memberikan materi.

Dari Pemerintahan dihadiri Sekda Kalteng Fahrizal Fitri, dan Asisten Administrasi Umum Lies Fahimah, Kepala Perangkat Daerah Prov. Kalteng terkait, Ketua Bhayangkari Polda Kalteng, Ketua Dharma Pertiwi 102 Panju Panjung, Ketua Adhyaksa Dharma Karini Kalteng, Ketua Dharma Yukti Karini Pengadilan Tinggi, Ketua Dharma Yukti Karini Pengadilan Tinggi Agama dan Ketua DWP Prov. Kalteng. (drt/k-10)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya