Bupati HSU Bersama Forkominda Gelar Rapat Menjelang Perayaan Idul Fitri 1442 H

RAPAT PERSIAPAN - Menjelang Idul Ftri. (KP/Ist)

Amuntai, KP – Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) bersama jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) setempat gelar rapat menjelang perayaan Idul Fitri 1442 Hijriyah serta persiapan pemantapan pelaksanaan Kegiatan Pos Chek Point.

Rapat yang digelar Rabu (5/5) dipimpin Bupati HSU Drs H Abdul Wahid MM MSi dihadiri Kapolres HSU AKBP. Afri Darmawan, S.Ik, perwakilan Dandim 1001/Amt-Blg, Kajari HSU Novan Hadian serta sejumlah kepala SKPD di Mess Negara Dwipa.

Rapat membahas terkait Rapat Pemantapan Pelaksanaan Kegiatan Pos Jaga (Check Point) Dalam rangka menekan penyebaran virus Covid-19 dan pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1442 H di HSU.

Sebagaimana ketentuan yang telah diatur oleh pemerintah pusat, pemerintah provinsi dan kemudian ditindaklanjuti ketentuan oleh pemerintah kabupaten, maka pada tanggal 6 sampai dengan 17 Mei 2021 akan diberlakukan ketentuan peniadaan mudik dalam rangka upaya kita bersama menekan penyebaran virus Covid-19 khususnya di HSU.

Bupati menyampaikan oleh karena itu dalam ketentuan tersebut bagi masyarakat yang tinggal di Kabupaten HSU tidak dibenarkan melakukan perjalanan ke luar kabupaten, demikian pula masyarakat yang ada di kabupaten lain tidak dibenarkan masuk ke HSU.

Bagi masyarakat yang sesuai ketentuan tidak termasuk dalam pengacualian maka disarankan untuk tidak melaksanakan perjalanan, jangan memaksakan diri untuk melakukan perjalanan, karena di perbatasan itu masyarakat yang ingin masuk akan diminta kembali putar balik, yang ingin keluar akan diminta untuk kembali ke tempat semul, lanjutnya.

Berita Lainnya

DPPKB HSU Terima Penghargaan

1 dari 337

Bupati Wahid juga menghimbau masyarakat yang ingin melaksanakan takbiran di malam Idul Fitri tidak ada takbiran keliling. Akan tetapi takbiran bisa dilakukan di tempat ibadah terdekat masing-masing, warga seperti di Langgar, Musholla atau Masjid terdekat.

“silahkan melaksanakan takbiran ditempat ibadah, mesjid, langgar atau surau terdekat saja. Bagi yang ingin melaksanakan takbiran dengan sarana alat transportasi yang biasanya sampai ke Kota Amuntai pada tahun ini kita lakukan pembatasan, jadi tidak ada lagi takbiran keliling kota”, ungkap Wahid.

Kegiatan Amil Zakat oleh pengelolaan zakat fitrah hendaknya tetap memperhatikan protokol kesehatan dan tidak membuat kerumunan masyarakat dalam upaya pencegahan penyebaran Virus Covid 19 ini.

Selain itu pada hari raya Idul Fitri Bupati Wahid juga mempersilahkan masyarakat untuk melaksanakan sholat Eid di tempat ibadah, langgar, mushola ditempatnya masing-masing. Dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun, memakai masker, dan menghindari kerumunan.

“Semua ketentuan ini hendaknya kita pahami bersama guna menekan penyebaran virus Covid-19 di HSU”, ungkap bupati.

Dalam persiapan mudik dan menjelang perayaan Idul Fitri 1442 Hijriyah untuk di HSU akan ada dibuat Pos Pantau untuk pembatasan arus transportasi di beberapa titik diantaranya, di perbatasan HSU – Tabalong , di perbatasan HSU – HST di Desa Tapus Dalam,untuk transportasi sungai juga dilakukan penjagaan di daerah Danau Panggang, serta 1 posko induk di Taman Putri Junjung Buih Amuntai. (nov)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya