FJPI Komitmen Geliatkan Ekonomi Pariwisata

Banjarmasin, KP – Forum Jurnalis Perempuan Indonesia (FJPI) Kalsel berkomitmen untuk menggeliatkan perekonomian masyarakat, khususnya pariwisata daerah.

“Kita komitmen untuk membantu mempromosikan pariwisata daerah agar bisa menarik kunjungan wisata,” kata Ketua FJPI Kalsel, Hj Sunarti, Selasa (29/6/2021), di Banjarmasin.

Komitmen ini dilakukan usai FJPI Kalsel melakukan visit media ke Kabupaten Tanah Laut dan melihat langsung obyek wisata unggulan di daerah tersebut.

Sunarti mengakui, pandemi Covid-19 berdampak pada perekonomian masyarakat, dan sektor pariwisata merupakan salah satu yang bisa dilakukan untuk menggerakan sektor ekonomi.

Padahal kepariwisataan di Kalsel cukup potensial untuk menunjang sektor ekonomi daerah, seperti halnya Kabupaten Tanah Laut yang memiliki lebih dari 30 obyek wisata unggulan.

“Namun selain belum terbina secara maksimal, potensial kepariwisataan Banua yang cukup potensial itu juga belum tersosialisasikan atau terpromosikan secara maksimal,” ungkap Narti, panggilan akrab Sunarti.

Dalam upaya menggeliatkan sektor ekonomi, terutama pariwisata daerah, sebagai langkah awal FJPI mengadakan “visit media” (pertemuan media) dengan Bupati Tanah Laut, H Sukamta.

“Visit media salah satu agenda penting FJPI Kalsel, untuk bersinergi dengan pemerintah daerah dalam mengembangkan sektor pariwisata,” tutur wartawati senior.

Berita Lainnya
1 dari 853

FJTI ingin berkontribusi melalui karya jurnalistik para jurnalis perempuan yang tergabung di FJPI Kalsel agar ikut mempopulerkan wisata yang ada, dan pada gilirannya mampu menarik wisatawan.

“Pengunjungnya bukan cuma wisatawan lokal atau warga Bumi Tuntung Pandang Tala, melainkan pula dari daerah lain seperti Kota Banjarmasin yang jaraknya tidak terlalu jauh,” lanjutnya.

Pertemuan tersebut bisa menggali berbagai informasi terkait wisata yang ada di Bumi Tuntung Pandang Tala, saling memberi masukkan dan inspirasi untuk pengembangan wisata di kabupaten itu.

“Lebih dari itu, diharapkan bisa merumuskan kolaborasi konkrit seperti apa yang dapat dilakukan Pemkab Tala dan FJPI Kalsel untuk membangkitkan lagi pariwisata di kabupaten tersebut,” demikian Narti.

Sementara itu, Bupati Tala Sukamta memaparkan keunggulan pariwisata yang ada di kabupatennya, mengingat potensi pendapatan asli daerah (PAD) diarahkan pada pengembangan pariwisata.

“Kita mengandalkan pariwisata untuk mengembangkan daerah, mengingat Tanah Laut memiliki banyak potensi wisata, mulai wisata pantai, gunung, agro, buatan dan religi,” jelas dia.

Namun, sektor pariwisata Tala sebagiannya masih pengelolaan swasta, sehingga memerlukan waktu agar bisa menghasilkan pendapatan bagi daerah, karena ingin mengembangkan obyek wisata tersebut dan bisa mendatangkan wisatawan.

“Kita berharap FJPI Kalsel bisa membantu mempromosikan objek wisata Tala, agar mampu menarik wisatawan semaksimal mungkin,” katanya. (lyn/K-1)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya