Hasanuddin Murad Ajak Pelaku Seni Lestarikan Budaya Banua

Berita Lainnya
1 dari 3.211

Marabahan, KP – Anggota DPRD Kalsel, H Hasanuddin Murad mengajak pelaku seni dan budaya di Kabupaten Barito Kuala agar berperan aktif menjaga kelestarian budaya banua dan kearifan lokal warisan leluhur yang masih tersisa.
“Agar budaya banua dan kearifan lokal tidak hilang dan punah ditelan jaman yang terus berubah,” kata Hasanuddin Murad pada Sosialisasi Perda Nomor 4 tahun 2017 tentang Budaya Banua dan Kearifan Lokal, di Despacito Café Marabahan, kemarin.
Hasanuddin Murad mengatakan, Perda ini tidak saja berisi tentang hak dan kewajiban pemerintah daerah dalam mengelola budaya banua dan kearifan lokal, namun juga hak dan kewajiban masyarakat dalam upaya mendukung pengelolaan dan pengembangan budaya.
“Tujuannya untuk memperteguh identitas daerah sebagai bagian dari jati diri bangsa, memperkokoh karakter daerah sebagai upaya membangun karakter bangsa, dan melestarikan hasil budaya dan nilai-nilai luhur yang menjadi warisan bangsa,” tambahnya, di hadapan puluhan pelaku dan pekerja seni, serta pecinta dan pemerhati seni dan budaya lokal.
Untuk itu, mantan Bupati Barito Kuala ini mengajak untuk mempelajari isi Perda ini, sehingga mengetahui dan mengerti hak dan kewajiban terhadap budaya banua dan kearifan lokal.
“Harapannya, budaya banua dan kearifan lokal bisa terus eksis dan lestari hingga sampai anak cucu kita nanti,” ungkap politisi Partai Golkar ini.
Untuk menambah wawasan pengetahuan terkait pengelolaan dan perkembangan seni dan budaya di Barito Kuala, turut hadir sebagai narasumber Kabid Kebudayaan dari Dinas Kepemudaan, Olahraga, Budaya Dan Pariwisata Kabupaten Barito Kuala, Sabirin, dan Pengelola Sanggar Seni Batola Kasmudin. (lyn/KPO-1)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya