Staf Ahli Bupati Buka Program Balangan Kompeten Tahap I

PEMBUKAAN – Pelatihan Program Balangan Kompeten Tahap I. (KP/Ist)

Paringin, KP – Staf Ahli Bupati Balangan, Sutikno secara resmi membuka kegiatan Program Balangan Kompeten Tahap I, Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek). Pelaksanaan sertifikasi kompetensi kerja (PSKK) Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

Kegiatan yang digelar di Mahligai Mayang Maurai, Rabu (23/06/21) kemarin itu juga dihadiri sejumlah peserta pelatihan.

Sutikno mengungkapkan, pemerintah daerah sangat merespon dengan baik untuk apa yang telah dicapai oleh Balangan Kompeten ini dari tahun 2018, tentunya ke depan akan rumuskan kembali hal dan kendala yang telah disampaikan oleh lembaga kompetensi ini dan menjadi bahan yang akan disampaikan kepimpinan.

“Ini peluang besar bagi generasi kita sekarang dalam upaya mencari alternatif lain selain ketersediaan tenaga yang telah diatur pemerintah daerah atau lembaga lain, tentu ini alternatif yang sangat nyata untuk generasi kita untuk mengembangkan usaha,” ujar Plt Kepala Inspekturat setempat.

Berita Lainnya
1 dari 492

“Pemerintah daerah juga secara simbolis memberikan bantuan sebagai alat pendukung usaha diantaranya seperti mesin jahit, laptop, alat tata boga, dan monitor,” imbuhnya.

Sementara, Ketua Balangan Kompeten, Slametno mengatakan, Balangan Kompeten merupakan sebuah program sertifikasi, pelatihan, dan kursus gratis dimana program ini didukung oleh kementerian, karena awal berdirinya Balangan Kompeten ini didukung dari beberapa asosiasi provinsi.

Menurutnya, Balangan Kompeten ini juga terkoneksi dari beberapa kementerian diantaranya Kemendikbud, Kementerian Ketenagakerjaan, Kementerian Koperasi, Kementerian Kepemudaan dan lainnya.

Disebutkannya, untuk LKP di Balangan sendiri dari 2018 sampai sekarang terdapat 40 lembaga pelatihan dan kursus. Program Balangan Kompeten ini dari 2018 sudah bisa menyelenggarakan ratusan kursus dan sertifikasi gratis, semuanya bersumber dari APBN.

“Kegiatan ini tidak membebani APBD, sehingga kegiatan Balangan Kompeten justru sangat membantu untuk peningkatan SDM di Balangan,” ujarnya.

“Dan lembaga ini menyasar ke seluruh kecamatan di Kabupaten Balangan, sehingga memudahkan para peserta untuk mengikutinya karena jaraknya juga dekat dengan rumah peserta,” pungkasnya. (sdr/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya