Bupati HST Hadiri Launching E-Perda

Barabai, KP – Bupati Hulu Sungai Tengah (HST) H Aulia Oktafiandi menghadiri Launching E-Perda Kabupaten/Kota Se-Provinsi Kalimantan Selatan yang diluncurkan langsung oleh Dirjen Otonomi Daerah pada Kementerian Dalam Negeri, Drs Akmal Malik, M.Si secara virtual dan Pj Gubernur Kalimantan Selatan, Safrizal ZA dan Direktur Produk Hukum Kemendagri, Makmur Marbun yang digelar secara fisik di Gedung Mahligai Pancasila, Kota Banjarmasin, Selasa (29/06/2021).

Acara ini diikuti juga oleh Ketua DPRD Prov Kalsel, Sekretaris Daerah Prov Kalsel, seluruh Bupati/Walikota se-Provinsi Kalimantan Selatan, Ketua DPRD Kabupaten/Kota se-Provinsi Kalimantan Selatan, Kepala Bagian Hukum se-Kalimantan Selatan secara fisik dan Kepala bagian Hukum se-Indonesia secara virtual.

Direktur Jenderal (Dirjen) Otonomi Daerah (Otda) Kemendagri, Akmal Malik secara virtual mengatakan bahwas aplikasi e-Perda hadir untuk memberikan pelayanan yang lebih efektif dan efisien. 

“E-Perda hadir untuk melakukan segala hal, agar kita bisa menghadirkan pelayanan yang lebih efektif dan efisien,” katanya.

Aplikasi e-Perda adalah sebuah inovasi dan terobosan yang dilahirkan Kemendagri melalui Ditjen Otda untuk menyediakan aplikasi layanan berbasis digital bagi pemerintah daerah secara tematik untuk meningkatkan dan mendayagunakan kecepatan teknologi, informasi dan komunikasi dalam hal fasilitasi dan koordinasi seluruh rancangan produk hukum daerah.

Tujuannya agar produk hukum itu sejalan dan harmonis dengan peraturan perundang-undangan serta kebijakan pembangunan nasional yang telah ditetapkan Pemerintah.

Berita Lainnya
1 dari 461

“E-Perda ini juga salah satu bentuk dari jawaban kami, untuk pelayanan yang lebih cepat, dan lebih murah, kami berharap ke depan mudah-mudahan kolaboratif governance yang kita coba galang ke depan, akan bisa kita aplikasikan dengan baik,” tambahnya

Selanjutnya Pj Gubernur Kalsel Safrizal ZA menyampaikan apresiasi kepada jajaran Kementerian Dalam Negeri, khususnya Direktorat Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri atas kehadiran dan dukungannya dalam pelaksanaan launching e-Perda ini.

“Mudah-mudahan, melalui aplikasi e-Perda ini, kita mampu mengelola produk hukum daerah secara lebih baik, sekaligus memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat,” katanya.

“Menindaklanjuti penerapan e-Perda ini, kami, selaku Pemerintah Provinsi, bersama-sama Pemerintah Kabupaten/Kota se-Kalimantan Selatan, akan terus berupaya mewujudkan kolaborasi dalam tata kelola pemerintahan yang baik, terutama di bidang peraturan dan perundang-undangan,” tambahnya.

Sementara Bupati HST H Aulia Oktafiandi mengucapkan selamat dan sukses atas launchingnya aplikasi e-Perda oleh Dirjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri, Sebagai bentuk inovasi layanan fasilitasi pembentukan produk hukum daerah dalam bentuk digital yang menyesuaikan dengan perkembangan zaman.

“Kami berharap proses fasilitasi pembentukan produk hukum daerah melalui e-Perda dapat menghasilkan produk hukum daerah yang berkwalitas dan memenuhi asas-asas umum pembentukan produk hukum yang baik,” harap Bupati.

“Untuk itu kami Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah sangat mendukung, terlaksananya aplikasi e-Perda,” pungkasnya. (adv/ary/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya