Antusias Ikut dan Kejar Penyelenggaraan Vaksinasi

Banjarmasin, KP – Pemberian vaksinasi massal Covid-19 bertempat di Gedung Gelanggang Olahraga (GOR) Banjarmasin mendapat antusias warga, Kamis (5/8/2021) kemarin.

Ironisnya, antusias warga mendapatkan suntikan vaksin kedua dalam rangka mencegah dan mengantisipasi tidak terpapar virus corona (Covid-19) ini tidak mampu menghindari kerumunan.

Betapa tidak karena kerumunan warga itu justeru, sangat bertolak belakang di tengah Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKN) Level IV hingga saat ini yang salah satunya himbauan disampaikan menghindari kerumunan.

Buntutnya banyaknya kerumunan warga pada vaksin massal vaksin kedua yang tidak bisa dihindari ini tak pelak viral di medsos sejak hari pertama pelaksanaan vaksin Rabu hingga hingga Kamis (5/8/2021) kemarin.

Padahal Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy yang berkunjung ke Banjarmasin sempat memantau vaksin massal di GOR Hasanuddin tersebut.

Meski sempat menggelengkan kepala melihat antusias warga yang bervaksin, Menteri Muhadjir menginstruksikan harus ada perubahan mekanisme dalam melaksanakan vaksin agar jangan terjadi kerumunan dan melanggar protokol kesehatan.

Kedepan vaksinasi massal pintanya, dilaksanakan jangan di dalam gedung.” Outdoor saja, apalagi jika warga yang ingin minta layanan vaksin pesertanya banyak. Saya kira pelaksanaan vaksin seperti ini harus dievaluasi kembali dan jangan sampai terulang ,” ujarnya.

Sementara berbagai tanggapan pun muncul dari berbagai kalangan yang menyoroti untuk mendapatkan vaksin kedua Covid-19 ini. Meski dalam pelaksanaannya mendapat pengawalan ketat pihak Polri dan TNI ini.

Berita Lainnya

Tumbuhkan Kepemimpinan Pemuda Penggerak Masyarakat

Mobil BPK Wajib Laik Jalan

1 dari 3.561

Sorotan juga juga disampaikan wakil rakyat yang duduk di DPRD Banjarmasin yang menyesalkan banyaknya kerumunan saat pelaksanaan vaksin.

Wakil Ketua DPRD Banjarmasin Matnor Ali menilai mestinya kerumunan warga tidak perlu terjadi jika diatur dengan baik, sehingga tidak sampai terjadi kerumunan warga.

“Harusnya bisa diatur lebih baik lagi kedepan. Sekarang PPKM Level 4, salah satu aturannya menghindari kerumunan warga, ucapnya.

Hal senada juga dikemukakan, Wakil Ketua Komisi IV DPRD Banjarmasin Zainal Hakim. Ia berharap kerumunan warga saat pelaksanaan vaksin ini tidak terulang kembali.

Ia mengakui, antusias warga yang ingin divaksin sekarang sangat tinggi. Namun persoalannya tinggal mengatur jangan sampai menimbulkan kerumunan.

” Masalahnya karena sesuai anjuran pemerintah untuk mencegah dan mengantisipasi pandemi Covid-19 salah satunya salah menghindari kerumunan,” tandasnya.

Zainal berharap, kedepan pelaksanaan vaksin massal tidak terpusat dalam satu tempat.

“Sekarang kan PPKM Level IV dan pemerintah Kota Banjarmasin telah mengeluarkan berbagai aturan salah satunya melarang warga berkerumun. Ironisnya mereka sendiri membuat warga berkerumun ” kata Taufik Husin anggota dari F-PDIP menimpali. (nid/K-3)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya