Camat Hingga Kades Diintruksi Optimalkan PPKM Level 3 di Balangan

Paringin, KP – Instruksi Mendagri tentang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 3, level 2 dan level 1 langsung direspon Pemkab Balangan.

Bupati Balangan H Abdul Hadi yang sekaligus Ketua Tim Satgas Covid-19 Kabupaten Balangan langsung mengumpulkan (memanggil, red) para camat, kepala desa dan lurah se-Kabupaten Balangan, melaksanakan apel dalam rangka kesiapsiagaan pencegahan dan penanganan Covid-19, dengan memaksimalkan teknis pelaksanaan PPKM level 3 dimasing masing wilayah. Apel digelar di Halaman Kantor Bupati Balangan, Jumat (13/08/2021) kemarin dengan dihadiri Bupati Balanga H Abdul Hadi, Dandim 1001/Amt-Blg, Kapolres Balangan, BPBD, Satpol PP dan Dinas Kesehatan.

Abdul Hadi, menyampaikan dengan perkembangan Kabupaten Balangan yang saat ini sudah memasuki PPKM level 3, sehingga harus menjadi perhatian serius dalam pengoptimalan posko penanganan Covid-19.

“Jadi diminta kepada Camat maupun Kades/Lurah untuk mengendalikan PPKM dengan baik sehingga aktivitas masyarakattidak akan terhambat,” tegas bupati.

“Kita di kabupaten Balangan masuk kedalam zona PPKM level 3,” ujar Hadi.

Abdul Hadi mengatakan sejauh ini upaya pemerintah daerah dalam penanganan Covid-19 telah dilaksanakan, diantaranya kesiapan rumah sakit, tenaga kesehatan, tabung oksigen, dan sosialisasi penerapan protokol kesehatan terhadap masyarakat.

Berita Lainnya
1 dari 529

Khusus kepada para Camat, Abdul Hadi menekankan untuk selalu bekerja sama dengan kepala desa atau lurah dalam memantau dan melaporkan kondisi di kecamatan masing-masing. Ia juga menegaskan agar PPKM di desa ini dapat berjalan tidak hanya sebagai formalitas saja.

“Cuma sekedar memasang spanduk, menyerap anggaran refocusing 8 persen kita tidak mau hanya seperti itu. Kita mau PPKM aktif disetiap desa sebagai garda terdepan di tingkat RT untuk penanggulangan Covid-19, agar Balangan tidak masuk ke level 4,” tegas dia.

Abdul Hadi menambahkan, berdasarkan sesuai arahan dari Polres dan Kajari Balangan, agar kepala desa dapat melakukan serap penggunaan dana dari anggaran tersebut, sepanjang digunakan untuk penanganan Covid-19 di wilayahnya.

Orang nomor satu di Balangan ini berharap melalui apel ini, semua memiliki kesepakatan dan tanggungjawab bersama-sama dalam melaksanakan penegakan disiplin, mengintensifkan penggunaan masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan menghindari kerumunan.

“Optimalkan kembali Satgas Covid 19 di tingkat Kabupaten, Kecamatan, Desa/Kelurahan hingga RT/RW,” tegasnya.

“Semua segera selesai, dengan begitu dari berbagai segi dapat dikendalikan, maka akan turun level PPKM menjadi level satu atau dua,” pungkasnya. (srd/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya