Pansus IV Dewan Kalsel Studi Komparasi Fasilitasi Pendidikan Tinggi ke Kalteng

Palangka Raya, KP – Pansus IV DPRD Kalsel menggelar kunjungan kerja (kunker) atau Study komparasi terkait fasilitasi Pendidikan Tinggi, guna meningkatkan SDM warga Banua.

Salah satu anggota Pansus Troy Satria,SE, MBA mengungkapkan kunker ke Kalteng dilaksanakan dengan Dinas Pendidikan Provinsi setempat, dan diterima oleh Sekretaris Diknas Mofid Saptono, Jum’at (27/8), bersama sejumlah stafnya.

Pansus dipimpin Ketuanya HM.Luthfi Saifuddin,S.Sos bersama sejumlah anggota lainnya. Menurut Troy Satria, perlunya Raperda fasilitasi pendidikan tinggi agar bantuan untuk perguruan tinggi tidak dipengaruhi pergantian Gubernur.

Meski Gubernur berganti bantuan sifatnya seperti beasiswa dan lainnya berkelanjutan. Dan tak hanya beasiswa, bos (bantuan operasional sekolah) yg di daerah lain bisa, juga terkait asrama, pendidikan karakter dan lainnya.

Sekretaris Disdik Kalteng Mofid Saptono mengungkapkan terkait bantuan beasiswa meski belum ada Perdanya, Disdik hanya sebagai pemberi pertimbangan teknis (Pertek) siapa yang memenuhi syarat penerimanya.

Berita Lainnya
1 dari 570

Kalteng di tahun 2019 pernah memberi bantuan/fasilitasi beasiswa bidil misi “Kalteng Berkah” tahun 2019 lewat Badan Keuangan Daerah senilai Rp 15 milyar untuk jenjang pendidikan S1,S2, dan S3.

Di tahun 2020, lagi Pemprov Kalteng menganggarkan beasiswa, namanya bukan beasiswa bagi, tapi Program Bantuan Fungsi Pendidikan Tinggi, dan tahun 2021 terkait Pandemi covid 19 senilai Rp 20 milyar, dan tiap bantuan harus ada MUO.

Disebutkan pula Pemerintah Kota Palangka Raya, pernah juga pernah mengirim mahasiswa ke UI jurusan program pokasi D-3.

Ketua Tim Pansus mengaku, Perda semacam di daerah lain memang belum pernah ada. Dan kalau Raperda inisiatif Dewan yang mereka perjuangkan itu bisa terwujud, akan menjadi yang acuan bagi wilayah Kalimantan dalam meningkatkan SDM nya agar mampu bersaing dan menang di era globalisasi ini.

Membangun SDM agar berkualitas, dari segi IPTEK dan ITAQ, Kalteng dinilai sudah lebih maju meski tak ada Perda, sudah bantu beasiswanya menyelesaikan study. (drt/k-10)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya