Balangan Terima Anugerah Parahita Ekapraya 2020 Kategori Madya

Paringin, KP — Pemerintah Kabupaten Balangan meraih penghargaan di bawah kepemimpinan H Abdul Hadi – H Supiani sebagai Bupati dan Wakil Bupati Balangan. Penghargaan ini adalah penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) 2020 oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPA) Republik Indonesia.

Penganugerahan APE tersebut diberikan kepada kepala daerah yang memiliki komitmen besar dalam mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender melalui strategi pengarusutamaan gender atau PUG. Penghargaan ini diterima oleh Bupati Balangan H Abdul Hadi, Selasa (28/09/2021) kemarin.

Bupati H Abdul Hadi mengatakan, pemerintah Kabupaten Balangan sejauh ini memang telah melaksanakan program perlindungan perempuan dan anak dengan melibatkan beberapa perangkat daerah secara integral. Para perangkat daerah ini bekerja sama untuk memberikan perlindungan perempuan dan anak.

“Mereka sudah melaksanakan program masing-masing di setiap OPD,” kata dia.

Dia menjelaskan, penghargaan diberikan Kementerian PPPA RI kepada Kabupaten Balangan ini didapatkan setelah dilakukan evaluasi dari pengarusutamaan gender.

Berita Lainnya

DPRD Balangan Dukung Vaksinasi Pelajar

1 dari 550

Hadi menyebutkan dalam evaluasi ini ada beberapa komponen yang harus dipenuhi yaitu, komitmen, kebijakan, kelembagaan, SDM dan anggaran, analisis gender, data gender dan partisipasi dari masyarakat yang ada di Kabupaten Balangan.

“Alhamdulillah komponen ini semua di sudah terpenuhi dan sudah terlaksana. Terbukti Balangan adalah kabupaten inklusi dan semua anggaran responsif gender dan tidak membedakan antara laki-laki dan perempuan,” ujarnya.

Orang nomor satu di Bumi Sanggam ini juga mengatakan, Pemerintah kabupaten Balangan terus berkomitmen mewujudkan kesetaraan gender dan melindungi hak-hak anak. Karena perwujudan kesetaraan gender merupakan salah satu langkah signifikan dalam mengoptimalkan SDM kita. Sedangkan pemenuhan hak anak tidak lain adalah investasi besar untuk SDM masa depan.

Dan tambahnya, penghargaan ini adalah bentuk komitmen pemerintah daerah untuk mewujudkan kesetaraan gender, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak di Kabupaten Balangan.

“Kita berharap ini bisa ditingkatkan kedepannya,” pungkasnya. (srd/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya