Mawardi Lepas Ribuan Benih Ikan

Tanjung, KP – Dalam rangka mendukung usaha perikanan Wakil Bupati (Wabup) Tabalong Drs H Mawardi M.Si, lakukan pelepasan benih ikan perdana pada demplot Diversifikasi Usaha Tanaman Hortikultura Ikan (Diverhatikan) di areal lahan belakang Kantor Dinas Pertanian (Distan) belum lama tadi di Jalan Jaksa Agung Soeprato Tanjung.

Selain menebar sebanyak 1.150 benih ikan pada demplot diversifikasi usaha tanaman hortikultura, dalam waktu yang bersamaan H Mawardi juga secara simbolis melakukan penanaman perdana bibit lombok merah dan bibit bawang merah.

Dalam sambutannya Mawardi mengatakan, kegiatan penanaman dan pelepasan benih ikan ini sekaligus menjadi dukungan pemerintah daerah sebagai wujudkan ketahanan pangan. “Insya Allah kita semua yakin bahwa dengan semangat yang tinggi kita akan berhasil, dan teknik budidaya ini dapat solusi pangan yang mampu memenuhi kebutuhan pangan masyarakat,” ujarnya.

“Ini merupakan terobosan baru dalam teknologi pertanian yang mampu memberikan manfaat ganda, serta menjadi peluang usaha baru bagi para petani,” sebut Wabup Tabalong.

Berita Lainnya

Simpan Sabu, 2 Karyawan Perusahaan Ditangkap

1 dari 288

Kepala Dinas Perikanan (Disnakan) Kabupaten Tabalong, H M Mugeni menjelaskan, penanam perdana dan pelepasan benih ikan perdana pada demplot diversifikasi usaha tanaman hortikultura -ikan (Diverhatikan) seperti ini memanfaatkan lahan yang ada air, dan nantinya akan dikembangkan di sawah-sawah dalam rangka mendukung usaha pertanian dan perikanan dengan membuat kolam dalam (embung).

Rencananya setiap lahan lima hektar akan dibuat lima atau sepuluh embung yang berfungsi untuk budidaya ikan dan penyedia air untuk tanaman ketika tidak ada hujan dalam waktu dua minggu atau lima belas hari, serta penyediaan air untuk pencegahan Kebakaran Lahan dan Hutan (Karhutla).

Kemudian juga kalau pada musim kemarau panjang di desa-desa itu kesulitan dengan air mudah-mudahan juga bisa dimanfaatkan untuk mandi maupun mencuci.

Pembudidayaan ikan seperti ini bisa juga dilakukan di kolam terpal sekaligus dengan tanaman hidroponik nya. “Karena sisa kotoran dan sisa makanan yang tidak terpakai itu mengandung amonia yang banyak mengandung unsur yang sangat bagus untuk tanaman sayuran daun hijau,” demikian pungkas Kadistan Tabalong ini. (ros/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya