Pendidikan PAUD Perlu Terus Dilakukan

Net

Amuntai, KP – Bunda PAUD Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) Hj Anisah Rasyidah berharap kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan khususnya mempersiapkan sistem pengajaran bagi lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dimasa Pandemi COVID-19.

“Pendidikan usia dini menjadi landasan bagi jenjang pendidikan selanjutnya, jadi tidak bisa diabaikan meski ditengah Pandemi,” ujar Anisah di Amuntai, Senin.

Anisah mengatakan, pendidikan PAUD perlu terus dilakukan karena anak usia.dini harus mendapat pendidikan sesuai masa pertumbuhannya.

Terjadinya Pandemi COVID-19, lanjut Anisah, perlu disikapi dengan menyiapkan sistem.pengajaran yang tetap menjadikan proses pembelajaran berkualitas bagi peserta didik PAUD.

“Seluruh pengelola dan tenaga pendidik PAUD harus memiliki pemahaman yang baik dan komprehensif terkait dengan pendidikan dan pembelajaran bagi PAUD yang harus diterapkan di masa Pandemi COVID 19,” katanya.

Berita Lainnya

Sosialisasi Kawasan Ekosistem Esensial di HSU

1 dari 401

Anisah menyampaikan, saat dirinya membuka Bimbingan Teknis bantuan Implementasi Program Kesiapan Bersekolah bagi satuan PAUD di Aula Disdikbud pada Rabu kemaren, Ia

kembali mengingatkan bahwa usia dini merupakan ” Usia Emas” yang sayang jika tidak diisi dengan pendidikan dan pengajaran.

“PAUD harus terus berkembang, sehingga kedepan nantinya melahirkan anak-anak yang memiliki kesiapan, baik dari segi akhlak, pengetahuan umum, serta dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan dan jenjang pendidikan yang akan ditempuh selanjutnya,” kata Anisah lagi.

Sebagaimana lembaga pendidikan lainnya, dimasa Pandemi COVID-19, peserta didik PAUD juga terpaksa mengikuti pendidikan secara online dengan ditemani orang tua.

Sejumlah lembaga PAUD juga menyiapkan tehnik pengajaran online agar peserta didik PAUD tetap bisa belajar sambil bermain, namun kiranya pengajaran online tetap tidak maksimal dalam mengembangkan minat, bakat dan kemampuan anak PAUD.
Lembaga PAUD juga akan melaksanakan Pengajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT) dengan penerapan Protokol Kesehatan yang ketat. Sejumlah sekolah dasar dan lanjutan telah lebih dulu melaksanakan PTMT, pemerintah mengijinkan pelaksanaan PTMT bagi daerah dengan zona COVID level tiga seperti Kabupaten HSU.

Selain Bunda PAUD HSU, Hj Anisah Rasyidah, turut hadir sebagai narasumber kegiatan bimtek Kepala Balai Pengembangan PAUD dan Dikmas Provinsi Kalimantan Selatan Abdul Kamil Marisi dan Plt. Kepala Disdikbud Kabupaten HSU H. Junaidi Gunawan.

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya