Abdul Hadi Pimpin Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

Paringin, KP – Bupati Balangan H Abdul Hadi memimpin upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila di halaman kantor Pemkab Balangan, Jumat (01/10/2021) kemarin. Upacara berjalan lancar dan khidmat meski dalam situasi pandemi Covid-19.

Turut dalam kegiatan upacara, Wakil Bupati Balangan H Supiani, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Plt Sekdakab, jajaran asisten, staf ahli, dan sejumlah kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemkab Balangan.

Upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila dengan tema “Indonesia Tangguh Berlandaskan Pancasila” digelar secara terbatas dan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

Bupati H Abdul Hadi dalam membacakan sambutan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI Nadiem Makarim menyampaikan, Pancasila merupakan pengingat di tengah semua situasi dan kondisi berdasarkan keadilan sosial dan persatuan seluruh lapisan masyarakat.

Disebutkannya juga, upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila juga merupakan simbol pengabdian secara tekad untuk mempertahankan dan mengamalkan nilai Pancasila, sebagai sumber kekuatan bersama dalam menjaga keutuhan NKRI.

Berita Lainnya

DPRD Balangan Dukung Vaksinasi Pelajar

1 dari 550

“Oleh karena itu, merefleksikan kembali nilai-nilai Pancasila pada hari ini merupakan awal yang baik untuk menyatukan cita-cita dan langkah kita ke depan,” ucapnya.

Terlebih pada situasi saat ini juga menunjukkan lebih jelas sejumlah tantangan yang harus ditangani bersama, salah satunya menghadirkan pendidikan yang berkualitas bagi seluruh rakyat Indonesia.

Oleh karenanya, kemerdekaan dalam belajar, berkarya dan berbudaya tentu akan melahirkan generasi pelajar Pancasila, yang akan meneruskan estafet pembangunan Indonesia berkelanjutan dan berkeadilan di masa depan.

“Mari membangun Indonesia yang lebih baik, tangguh, lebih inklusif dan lebih mencerdaskan dengan merdeka belajar,” katanya.

Dikesempatan itu Bupati Balangan, H Abdul Hadi tak lupa juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pejuang yang telah menyusun dan merumuskan Pancasila, dan berharap Pancasila tetap kokoh sepanjang waktu untuk menjaga keutuhan NKRI.

“Saya minta kepada warga masyarakat Balangan jangan terpengaruh upaya-upaya dari oknum tertentu yang ingin mengacaukan persaudaraan dan kesatuan, kita tetap mempertahankan ideologi Pancasila, Pancasila sebagai dasar Negara dan tetap Bhineka Tunggal Ika, karena NKRI harga mati,” pungkasnya. (srd/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya