Disbudparpora Kurang Serius Kelola Obyek Wisata

Kasongan, KP – Meskipun obyek wisata di Kabupaten Katingan yang ada di hampir semua wilayah kecamatan, namun tampaknya belum dikelola secara maksimal. Demikian yang dikatakan Rudi Hartono anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Katingan kepada sejumlah media, Senin (18/10), via telpon selulernya.

Hal ini menurutnya disebabkan lantaran Dinas Kebudayaan, pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) kurang serius mengelola sejumlah obyek wisata di bumi Penyang Hinje Simpei ini.

“Padahal, jika dikelola secara serius, bukan Hanyar menghasilkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) saja, tapi dapat juga meningkatkan pendapatan masyarakat, terutama masyarakat di sekitar obyek wisata tersebut,” ujar Rudi.

Bukti ketidakseriusan dinas tersebut dalam mengelola obyek wisata di Katingan menurutnya, seperti obyek wisata Danau Mere. Padahal di obyek wisata tersebut sudah memiliki sejumlah fasilitas. Namun, sudah dua hingga tiga tahun ini tidak difungsikan dengan baik. Begitu pula dengan obyek wisata Danau Bulat di Kecamatan Kamipang dan sejumlah obyek wisata lainnya, dinas sendiri hanya mendata saja, tapi belum pernah melakukan sosialisasi ataupun mendesain obyek wisata tersebut bagaimana sekiranya mempunyai daya tarik.

Berita Lainnya
1 dari 553

“Dengan harapan, masyarakat tertarik untuk berkunjung ke obyek wisata tersebut,” katanya.

Menjawab pertanyaan media, dirinya mengakui Pemkab melalui dinas tersebut sebenarnya sudah mempunyai perencanaan. Bahkan perencanaannya selangit. Namun, sampai sekarang perencanaan tersebut belum pernah terealisasi. Ini yang mengakibatkan pengembangan obyek wisata di beberapa wilayah kecamatan menjadi stagnan.

“Akibatnya, masyarakat lokal sekalipun enggan untuk mengunjungi obyek wisata tersebut,” tambahnya.

Sehubungan dengan itulah, dirinya berharap kepada dinas yang bersangkutan mulai sekarang agar bersungguh-sungguh mengelola semua obyek wisata di Kabupaten Katingan ini.

“Sehingga, masyarakat kita dan masyarakat di luar daerah mau melangkahkan kakinya ke obyek wisata yang kita miliki saat ini,” pungkas anggota dewan asal dapil Katingan III yang meliputi wilayah kecamatan Katingan Tengah hingga Bukit Raya ini. (Isn/K-10)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
Berita Menarik Lainnya

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya