Iklan
Iklan
Iklan
HEADLINE

Evakuasi Korban Alfamart Gambut Masih Berlangsung

×

Evakuasi Korban Alfamart Gambut Masih Berlangsung

Sebarkan artikel ini

Banjarmasin, KP – Proses evakuasi korban ambruknya bangunan salah satu ritel modern di Gambut, Kabupaten Banjar masih berlangsung hingga hari ini.


Data terbaru menyebutkan, ada 16 orang yang terperangkap di reruntuhan saat kejadian berlangsung pada Senin (18/04) sore, sekitar pukul 17.15 WITA.

Android


Informasi tersebut dibenarkan oleh Kapolda Kalsel, Irjen Pol Rikwanto melalui Kabid Humas Polda Kalsel, Kombes Pol Moch Rifai, dalam rilis resminya yang digelar Selasa (19/04) siang.


“Laporan korban semuanya tetap di angka 16 orang, terdiri dari 10 korban ditemukan selamat dan dirawat di rumah sakit, serta 4 korban meninggal dunia yang ditemukan di TKP,” kata Rifai kepada wartawan, Selasa.


Rifai menyebut ada dua rumah sakit yang menjadi rujukan perawatan para korban selamat, yakni di RSI Sultan Agung Banjarbaru ada 9 orang dan 1 orang lagi di Ciputra Mitra Hospital.


Sementara untuk korban meninggal dunia langsung dibawa ke RSUD Ulin Banjarmasin untuk proses pemulasaran jenazah.


Terkait dengan jumlah korban yang tertimbun, Ia mengakui ada informasi yang berbeda-beda dan cukup simpang siur. Namun jajarannya sudah memastikan bahwa korban berjumlah 16 orang seperti informasi di awal.


“Info yang didapat masih ada 2 orang yang terus dalam pencarian dan identitasnya belum diketahui serta belum ada keluarga yang melaporkan kehilangan,” tambahnya.


Pihak manajemen juga masih melakukan pencocokan data karyawan yang masuk pada jam tersebut, mengingat sistem kerjanya bergantian atau shift.


Terkait dengan penyelidikan lebih lanjut, jajaran Polda Kalsel sudah berkoordinasi dengan Tim Laboratorium Forensik (Labfor) Polri Cabang Surabaya.


“Hari ini akan datang dan akan langsung dampingi ke TKP bersama pihak Reskrimum Polda Kalsel,” tambah Rifai lagi.


Untuk sementara ini sudah ada 4 orang yang selamat yang dimintai keterangan, yakni 2 orang dari manajemen ritel setempat dan 2 orang lagi dari pengunjung.
Berdasarkan keterangan yang didapat, kejadian ambruknya bangunan tiga lantai yang berlokasi di Jalan Ahmad Yani Kilometer 14, Kecamatan Gambut, Kabupaten Banjar itu sangat tiba-tiba.


Hanya ada jeda waktu 10 detik pasca bunyi retakan yang terdengar oleh para korban selamat saat itu, sebelum akhirnya bangunan runtuh dan menimbun mereka.


Korban yang baru ditemukan meninggal dunia pagi ini atas nama Akbar Riduansyah (25) pada pukul 09.35 WITA, merupakan korban ke-14 yang berhasil dievakuasi oleh tim gabungan dari TNI, Polri dan Tagana Dinas Sosial Kalimantan Selatan bersama para relawan dari Barisan Pemadam Kebakaran (BPK).

Berikut data korban yang berhasil diidentifikasi hingga Selasa (19/04) siang:

  1. Ratna Yulianti (karyawan ritel, ditemukan selamat)
  2. Nur Syifa Oresma (karyawan ritel, ditemukan selamat)
  3. Lia Agustina (karyawan ritel, ditemukan selamat)
  4. Hanafi (karyawan ritel, ditemukan selamat)
  5. Irfan (karyawan ritel, ditemukan selamat)
  6. Akbar Riduansyah (karyawan ritel, ditemukan meninggal dunia)
  7. Hefian Nor (pengunjung, ditemukan selamat)
  8. Agus Santoso (pengunjung, ditemukan selamat)
  9. Fahrulreza (pengunjung, ditemukan selamat)
  10. Arini Chintya Septiyana (pengunjung, ditemukan selamat)
  11. Bahransyah (pengunjung, ditemukan selamat)
  12. Eddy Prianto (pengunjung, ditemukan meninggal dunia)
  13. Ahmad Nayada (pengunjung, ditemukan meninggal dunia)
  14. Misnawati (pengunjung, ditemukan meninggal dunia. (lyn/KPO-1)
Iklan
Iklan