Iklan
Iklan
Iklan
Hulu Sungai Utara

Ponpes Rakha Pamerkan Produk Unggulan

×

Ponpes Rakha Pamerkan Produk Unggulan

Sebarkan artikel ini
PRODUK UNGGULAN. (KP/Ist)

Amuntai, KP – Pondok Pesantren Rasyidiyah Khalidiyah (Rakha) Amuntai, Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) mengikuti gelaran One Pesantren One Product (OPOP) Kalimantan Selatan Expo 2022 menampilkan beberapa produk unggulan.

Kegiatan yang dilaksanakan belum lama Tadi di Banjarbaru Mengusung “Rakha Handicraf” menampilkan berbagai produk unggulan guna melahirkan produk yang bernilai ekonomi tinggi hingga menjadi penggerak ekonomi masyarakat.

Android

Berpusat di Lapangan Murjani Banjarbaru, kegiatan OPOP Kalsel 2022 dibuka secara resmi oleh Wakil Presiden Republik Indoensia KH, Ma’ruf Amin.

Dalam sambutannya, Wapres menyampaikan pesantren seyogyanya tidak hanya sebagai pusat pendidikan dan dakwah yang mencetak para kiai dan ulama. Melainkan juga menjadi pusat pemberdayaan ekonomi.

Wapres mengatakan, hal ini dapat dilakukan dalam bidang ekonomi seperti, industri, pertambangan, perdagangan maupun pertanian, melalui program One Pesantren One Product (OPOP).

Sudah ada pula pesantren yang kini mampu menjadi pembeli langsung atau offtaker komoditas, seperti hasil pertanian dan perkebunan dari masyarakat.

Bahkan kemudian menjalin kemitraan untuk memperluas pemasaran produk atau jasa unggulannya, bahkan sanggup menembus pasar ekspor.

Wapres berharap pesantren itu menjadi hamzah washl penghubung dari produk-produk pertanian, perkebunan, kemudian diolah, menjadi produk jadi maupun setengah jadi, kemudian dijual baik untuk di dalam negeri maupun luar negeri.

Usai membuka gelaran OPOP Kalsel Expo yang memiliki tagline Pesantren Berdaya, Umat Sejahtera itu, Wapres didampingi Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor meninjau beberapa stand para peserta pameran. (nov/K-6)

Iklan
Iklan