Dilepas Gubernur Kalsel, Pawai Ta’aruf MTQ Nasional Disaksikan Ribuan Massa

Banjar, KP – Ribuan warga Kabupaten Banjar dan sekitarnya, memadati kedua sisi Jalan Ahmad Yani dari depan Taman Cahaya Bumi Selamat (CBS) Martapura hingga Bundaran Simpang 4 Banjarbaru, untuk menyaksikan jalannya Pawai Ta’aruf kafilah Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Nasional ke-29 yang dilaksanakan di Kalimatan Selatan (Kalsel), pada Selasa (11/10).

Pawai Ta’aruf diikuti berbagai macam mobil hias dari 27 provinsi yang menjadi peserta MTQ dan seluruh kabupaten/kota di Kalsel, serta perwakilan lembaga dan perbankan yang ada di banua.

Mobil hias pawai ta’aruf peserta MTQ menggambarkan identitas daerah masing, seperti kafilah Sulawesi Selatan yang menampilkan miniatur kapal pinisi dan Sumatera Barat yang menampilkan miniatur rumah gadang.

Pawai ta’aruf dilepas langsung oleh Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor, yang didampingi Kepala Dinas Pariwisata Kalsel, M. Syarifuddin.

Dalam sambutannya, Gubernur Kalsel yang akrab disapa Paman Birin itu mengatakan, terselenggaranya pawai ta’aruf ini membuktikan bahwa Kalimantan Selatan siap melaksanakan MTQ nasional.

“Dengan adanya pawai ta’aruf ini membuktikan bahwa kita siap menjadi tuan rumah MTQ,” papar Paman Birin.

Menurut Gubernur, Pawai Ta’ruf bukan hanya semata-semata seremonial, namun lewat kegiatan inilah, menunjukan bahwa budaya islam dan kesenian islam amatlah beragam.

“Kegaiatan ini bukan semata-mata kegiatan setiap kali MTQ, namun justru disini kita mengajak masyarakat untuk menyukseskan MTQ,” jelasnya.

Selain untuk seluruh kafilah, Gubernur juga mengajak seluruh masyarakat Kalsel untuk mendukung kesuksesan MTQ.

Berita Lainnya
1 dari 13
loading...

“Agar seluruh kafilah bisa mendukung kesuksesan, juga masyarakat turut memeriahkan MTQ dengan menjaga ketertiban dan keamanan selama pelaksanaan, mari kita meriahkan dan tingkatkan rasa persaudaraan,” imbuhnya.

Kepala Dinas Pariwisata Kalsel, M. Syarifuddin menjelaskan bahwa diselenggarakannya pawai ta’aruf ini untuk memeriahkan pelaksanaan MTQ di Kalsel.

“Masyarakat kita jadi tambah tahu adanya gelaran akbar (MTQ) yang dilaksanakan di banua kita,” ujarnya kepada awak media usai pelepasan pawai ta’aruf.

Menurut Syarifuddin, juri pawai ta’aruf ini ini diambil dari pusat sebanyak 3 orang dan dari daerah 2 orang.

“Kami yakin hasil penilaian dari juri merupakan pilihan yang tepat,” beber Syarifuddin.

Pemenang, lanjut Syarifudin mendapatkan uang pembinaan, piagam penghargaan, dan juga tropy.

“Ada apresiasi dari panitia untuk pemenang pawai ta’aruf,” pungkasnya.

Adapun pemenang pertama pawai ta’aruf MTQ nasional tahun 2022 di Kalsel adalah kafilah Kalimantan Tengah. Sementara juara kedua dan ketiga masing-masing ditempati kafilah Jawa Barat dan Banten.

Untuk posisi harapan 1, 2, dan 3 diraih kafilah Jambi, Sumatera Barat, dan Sulawesi Tengah. (Nau/KPO-1)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
Berita Menarik Lainnya

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya