Iklan
Iklan
Iklan
Banjarbaru

Wartono Serukan Biasa Konsumsi Tamblet Tambah Sarah

×

Wartono Serukan Biasa Konsumsi Tamblet Tambah Sarah

Sebarkan artikel ini
KESADARAN- Wakil Wali Kota Banjarbaru Wartono, Rabu (26/10/2022) melaksanakan gerakan nasional aksi bergizi untuk meningkatkan kesadaran remaja usia sekolah. (KP/Devi)

Banjarbaru,KP- Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Banjarbaru yang dihadiri oleh Wakil Wali Kota Banjarbaru Wartono, Rabu (26/10/2022) melaksanakan gerakan nasional aksi bergizi untuk meningkatkan kesadaran remaja usia sekolah dalam membiasakan untuk mengkonsumsi tablet tambah darah, konsumsi gizi seimbang dan aktifitas fisik. Untuk tablet tambah darah tersebut dikhususkan bagi remaja putri.

Wakil Wali Kota Banjarbaru Wartono menyampaikan, Gerakan Nasional Aksi Bergizi di Kota Banjarbaru dilaksanakan dengan 3 cara yakni, sarapan dan minum tablet tambah darah bersama di sekolah setiap seminggu sekali, melakukan edukasi gizi dan selalu memantau perilaku siswa – siswi terkait pelaksanaan kegiatan ini.

Android

“Kami telah melakukan himbauan tentang pentingnya gizi untuk anak – anak terutama balita, juga untuk menekan kasus stunting di Kota Banjarbaru,” ucap Wartono.

Stunting merupakan kondisi gagal tumbuh pada balita karena kurang asupan gizi, infeksi berulang hingga kurangnya stimulasi gizi, untuk itu perlu ada pencegahan sedini mungkin terutama pada calon ibu dimasa akan datang.

Pemerintah menargetkan angka kasus stunting di Indonesia adalah 14% pada tahun 2024 dan untuk saat ini berdasarkan data Kemenkes RI angka kasus stunting di Indonesia adalah 24%, untuk itu perlu ada usaha bersama dalam menurunkan kasus stunting ini.

Angka kasus stunting di Kota Banjarbaru saat ini sebesar 19%, walaupun itu berada dibawah angka kasus stunting nasional, namun Pemerintah Kota Banjarbaru harus terus berupaya sebaik mungkin untuk menekan kasus stunting sehingga pada tahun 2024 target 14% tercapai.

Wartono menambahkan, Gerakan Nasional Aksi Bergizi ini harus diimplementasikan melalui Pendidikan Kesehatan, pelayanan Kesehatan dan pembinaan lingkungan sekolah sehat.

“Hari ini juga Gerakan Nasional Aksi Bergizi diselenggarakan serentak di sekolah se Kota Banjarbaru karena mengingat pentingnya gizi ini,” tegasnya.

Pada kesempatan itu pula, Wakil Wali Kota Banjarbaru Wartono menyerakan tablet tambah darah kepada perwakilan Siswi SMPN 1 Banjarbaru yang menandakan secara simbolis bahwa kegiatan Gerakan Nasional Aksi Bergizi di Kota Banjarbaru telah dicanangkan. (Dev/K-3)

Iklan
Iklan