Bumi Tuntung Pandang Miliki Belasan Desa Berciri Khas

SETIAP – Desa dinilai memiliki ciri khas sendiri yang menggambarkan karakteristik desa tersebut bahkan mampu mendukung kehidupan perekonomian warganya.

Bupati Tala HM Sukamta menuturkan Desa berciri khas yaitu desa yang memiliki karakteristik khusus yang dapat ditinjau dari aspek sosial budaya, masyarakat desa setempat masih mempertahan tradisi turun temurun dalam kehidupan sosial dan budaya.

Sementara pada aspek geografi tergantung dari potensi alam tempat tinggal masyarakat desa. Kebanyakan masih menggantungkan hidup dengan kondisi alam setempat sesuai potensi alamnya.

Sementara dari aspek SDM yaitu masyarakat desa setempat memiliki keterampilan khusus sebagai mata pencaharian yang mana mereka hidup dari industri kerajinan atau desa pengrajin dan rata-rata biasanya bersifat homogen.

“Desa berciri khas ini merupakan salah satu upaya inovasi pemerintah daerah untuk mewujudkan visi Kabupaten Tala yaitu Kota Ditata Desa Dibina,” terangnya.

Salah satu desa berciri khas di Kabupaten Tanah Laut yaitu Desa Sungai Rasau Kecamatan Bumi Makmur mendapat prestasi yang sangat membanggakan.

Penghargaan tersebut dari pencapaian terbaik keempat tingkat nasional pada Lomba Desa Pangan Aman atau dikenal dengan Lomba Desa Paman dari Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia (BPOM RI).

Bupati Tanah Laut HM Sukamta mengaku takjub akan prestasi yang diraih oleh Desa Sungai Rasau ini.

Berita Lainnya
1 dari 2,676
loading...

“Luar biasa! ini menjadi sebuah kebanggaan bagi masyarakat desa karena bukan hanya di level Kalimantan Selatan, melainkan satu Indonesia,” tutur orang nomor satu di Tala itu.

Dengan adanya program desa berciri khas ini dapat menjadikan ikon kebanggaan masing-masing desa dan untuk lebih memperkenalkan potensi dan keunggulan desa yang ada.

Manfaatkan program desa berciri khas ini sebagai momentum memperkenalkan potensi desa, insyallah manfaat dari program desa berciri khas ini juga akan kembali ke masyarakat,” pungkasnya.

Berikut daftar desa berciri khas di Kabupaten Tanah Laut: Desa Bukit Mulia, Desa Telaga, Desa Tajau Pecah, Desa Asam-asam, Desa Handil Bira yang Bawah, Desa Sungai Bakau, Desa Pandahan, Desa Kandangan Baru, Desa Martadah Baru, Desa Tungkaran, Desa Tanjung, Desa Liang Anggang, Desa Sungai Rasau, Desa Damit, Desa Guntung Besar, Desa Tabanio, Desa Riam Adungan, Desa Kali Besar

Selain itu Tanah Laut juga menerima Penghargaan Kinerja Terbaik Membangun Desa Pemerintah Kabupaten Dengan Kinerja Terbaik Bebas Status Desa Sangat Tertinggal dan Status Desa Tertinggal Tahun 2022. Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Dahnial dari Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) H Sahbirin Noor.

Sekda Tanah Laut Dahnial Kifli mengapresiasi seluruh pihak yang selalu mendukung upaya pemerintah daerah dalam membangun desa. Menurutnya warga Tala patut berbangga karena hari jadi Kalsel tahun ini telah ditetapkan oleh pemerintah provinsi bahwa di Tala sudah tidak ada lagi desa tertinggal.

“Alhamdulillah berkat kerja sama tim SKPD yang solid dan dukungan dari masyarakat, mulai tahun 2022 ini di Tala sudah tidak ada lagi status desa sangat tertinggal dan desa tertinggal, ungkap Dahnial.

Lebih lanjut Dahnial meneruskan pesan Bupati Sukamta untuk menjadikan penghargaan ini sebagai motivasi dalam membangun desa. Ia meyakini masih banyak potensi di desa-desa Tala yang bisa ditingkatkan agar desa bisa menjadi lebih maju dan mandiri.

“Penghargaan kali ini adalah salah satu hasil dari semangat yang selalu digelorakan bupati dan wakil bupati kita yaitu Desa Dibina Kota Ditata. Pekerjaan kita belum usai, selanjutnya desa-desa berkembang akan terus kita bina agar menjadi desa maju dan mandiri,” pungkasnya. (**)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
Berita Menarik Lainnya

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya